PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI PADA MASA PANDEMI COVID-19)

Main Article Content

Tasya Ramadona
Monika Monika

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19, motivasi belajar mahasiswa memiliki perubahan dikarenakan pembelajaran daring yang menyebabkan mahasiswa tidak terlalu termotivasi dalam belajar. Pembelajaran yang dilakukan di rumah dirasa kurang efektif. Oleh karena itu, perlu diperhatikan faktor yang dapat membuat motivasi belajar mahasiswa kembali stabil selama pembelajaran daring pada saat pandemi COVID-19. Beberapa penelitian sebelumnya diketahui terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa juga konsep diri dengan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial dan konsep diri terhadap motivasi belajar mahasiswa pada masa pandemi COVID-19. Partisipan penelitian ini terdiri dari 474 mahasiswa dengan rentang usia 18-25 tahun yang berasal dari universitas negeri maupun swasta dan sedang menjalani perkuliahan daring. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Motivation Scale, Multidimentional Scale of Perceived Social Support, dan Personal Self-Concept (PSC) Questionnaire. Pengambilan data menggunakan teknik sampling convenienve sampling dengan jenis penelitian yaitu kuantitatif non-eksperimental. Pengujian analisis menghasilkan bahwa seluruh hipotesis dapat diterima yaitu, (1) dukungan sosial mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa sebesar 15.2%, (2) konsep diri mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa sebesar 1.4%, dan (3) dukungan sosial dan konsep diri mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa sebesar 15.3% serta 84.7% lainnya dipengaruhi dari faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


 


During the COVID-19 pandemic, college students learning motivation has changed because of online learning which makes college students not very motivated to learn. Learning at home felt less effective. Therefore, important to note the factors that can make college students’ learning motivation back stable during online learning on the COVID-19 pandemic. Some previous research shows that there is a significant relationship between social support and college student learning motivation as well as self-concept and college student learning motivation. The purpose of this research is to find out the effect of social support and self-concept on college student learning motivation during the COVID-19 pandemic. The participants of this study consisted of 474 college students with an age range of 18-25 years from the public nor private universities and currently doing an online college class. The researcher uses three instruments, those are Academic Motivation Scale, the Multidimensional Scale of Perceived Social Support, and the Personal Self-Concept (PSC) Questionnaire. Retrieval of data using convenience sampling technique with the non-experimental quantitative as the type of this research. Analysis of the hypothesis shows that all the hypotheses can be acceptable, that is, (1) social support significantly affect college student learning motivation in the amount of 15.2%, (2) self-concept significantly affect college student learning motivation in the amount of 1.4%, and (3) social support and self-concept significantly affect college student learning motivation in the amount of 15.3% and the other 84.7% is affected by another factor that is not discussed in this research.

Article Details

Section
Articles

References

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(2), 120. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i2.5168

Alyaum, N. M. (2020). Riset: Pelajar Merasa Belajar Di Rumah Tidak Efektif. https://ibtimes.id/riset-pelajar-merasa-belajar-di-rumah-tidak-efektif/

Delima, N. (2016). Hubungan Konsep Diri Dan Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 235–239. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1002

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Gitiyarko, V. (2021, Agustus 1). PSBB hingga PPKM, kebijakan pemerintah menekan laju penularan Covid-19. Kompaspedia. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/psbb-hingga-ppkm-kebijakan-pemerintah-menekan-laju-penularan-covid-19

Goñi, E., Madariaga, J. M., Axpe, I., & Goñi, A. (2011). Structure of the Personal Self-Concept (PSC) Questionnaire. International Journal of Clinical and Health Psychology, 11(3), 509–522.

Kamila, Winahyu, K. M., & Damayanti, W. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Tingkat I & II di Universitas Muhammadiyah Tangerang Oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tangerang Kamila Jurnal JKFT. Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang, 2, 1–6.

Marvianto, R. D., & Widhiarso, W. (2019). Adaptasi Academic Motivation Scale (AMS) versi Bahasa Indonesia. Gadjah Mada Journal of Psychology, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.22146/gamajop.45785

Nashar, H. (2004). Peranan motivasi dan kemampuan awal. Delia Press.

Nelson, R. M., & Debacker, T. K. (2008). Achievement motivation in adolescents: The role of peer climate and best friends. Journal of Experimental Education, 76(2), 170–189. https://doi.org/10.3200/JEXE.76.2.170-190

Pragholapati, A. (2020). Covid-19 Impact on Students. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/NUYJ9Prihatiningsih, N. (2019). Pengaruh Metode Pengajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2017 FIKOM UPDM (B). Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 105–117.

Puteri, A. P., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 1–13.

Prima, A. (2021, Januari 08). PSBB diganti dengan PPKM, apa sih bedanya?. Medcom.id. https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/lKYwvjWb-psbb-diganti-dengan-ppkm-apa-sih-bedanya

Reski, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal of Science Education, 1(1), 001–008. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.859

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation Social Development, and Well-Being. American Psychologist Association, 55(1), 68–78. https://doi.org/doi: 10.1037/0003-066X.55.1.68

Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan (2nd ed). Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Press.

Saputra, Y. N. (2020). Hubungan Spiritualitas terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama KristenJ, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.127

Rohana, M. Y. U., & Kusmiyanti. (2021). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi belajar taruna politeknik ilmu pemasyarakatan. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. 4(2), 133-143. DOI: 10.31604/ptk.v4i2.

Rosa, N. N. (2020). Hubungan Dukungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi COVID-19. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147–153.

Safitri, P. R., Tumanggor, R. O., & Tasdin, W. (2021). Social Support and Learning Motivation for New Students During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 229–234. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.037

Sari, R. S. (2021). Motivasi Pembelajaran Mahasiswa PJKR Upgris Via daring/Online Selama Masa Covid-19. JPAS: Journal of Physical Activity and Sports, 2, 49–54. https://mahardhika.or.id/jurnal/index.php/jpas/article/view/44

Suciani, D., & Rozali, Y. A. (2014). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(02), 43. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/2398

Uchino, B. N. (2004). Current perspectives in psychology. Social support and physical health: Understanding the health consequences of relationships. Yale University Press. https://doi.org/10.12987/yale/9780300102185.001.0001

Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., Blais, M. R., Hriere, N. M., Senecal, C., & Vallieres, E. F. (1992). The Academic Motivation Scale: A Measure of Intrinsic, Extrinsic, and Amotivation in Education. Educational and Psychological Measurement. In Educational and Psychological Measurement (Vol. 52, pp. 1003–1017). https://doi.org/doi: 10.1177/0013164492052004025

Wibowo, A. (2017). Kontribusi konsep diri terhadap motivasi belajar mahasiswa bimbingan konseling. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(2), 152–158. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3457

Winahyu, K. M., Hemchayat, M., & Charoensuk, S. (2015). Factors Affecting Quality of Life among Family Caregivers of Patients with Schizophrenia in Indonesia. J Health Res, 29, S77–S82. https://doi.org/10.14456/jhr.2015.52

Winei, A. A. D. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 6(1), 1–10.

Yusuf, R. N., Musyadad, V. F., Iskandar, Y. Z., & Widiawati, D. (2021). Implikasi asumsi konsep diri dalam pembelajaran orang dewasa. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1144-1151.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived SocialSupport. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41.

Zulkarnain, M., Sari, E. Y. D., & Purwadi, P. (2019). Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 447–452. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3457