PERANCANGAN ANIMASI 2D EDUKASI PENGENALAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

Main Article Content

Salmaan Daffa Albani
Anung Rachman
Rendya Adi Kurniawan

Abstract

ABSTRAK

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman flora dan fauna yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Keanekaragaman flora dan fauna yang menakjubkan di Indonesia disebabkan karena letak geografis Indonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dan membentang di seluruh pulau-pulau di Indonesia. Selain itu, pengenalan flora dan fauna di kalangan anak-anak masih dinilai rendah karena minimnya inovasi materi. Edukasi tentang pengenalan flora dan fauna kepada anak sangat penting dilakukan untuk melestarikan keberadaan flora dan fauna di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep proses pembuatan bahan ajar berupa animasi 2D dengan tema mengenalkan anak pada flora dan fauna. Dalam pembuatan animasi 2D ini, metode yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut adalah design thinking yang dipopulerkan oleh Kelley dan Brown. Animasi ini memperkenalkan flora dan fauna di Indonesia dan cara melestarikannya. Diharapkan dengan adanya desain kartun ini, anak-anak dapat belajar tentang keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia untuk menumbuhkan rasa kepedulian mereka terhadap konservasi.

ABSTRACT

Indonesia is a country with a diversity of flora and fauna that stretches from Sabang to Merauke. The amazing diversity of flora and fauna in Indonesia is due to Indonesia's geographical position which is located around the equator and stretches across all the islands in Indonesia. In addition, the introduction of flora and fauna among children is still considered low due to the lack of material innovation. Education about the introduction of flora and fauna to children is very important to preserve the existence of flora and fauna in Indonesia. This study aims to explain the concept of the process of making teaching materials in the form of 2D animation with the theme of introducing children to flora and fauna. In making this 2D animation, the method used to solve this problem is design thinking which was popularized by Kelley and Brown. This animation introduces the flora and fauna in Indonesia and how to preserve them. It is hoped that with this cartoon design, children can learn about the diversity of flora and fauna in Indonesia to grow their awareness of conservation.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Salmaan Daffa Albani, Institut Seni Indonesia Surakarta

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, ISI Surakarta

References

Adli, Musyafa, Zaini Ramdhan, S.Sn., M. S. (2020). Perancangan Desain Karakter Tentang Perseteruan Di Indonesia Dalam Film Pendek Animasi 2D “ Perang Sarung ” the Design of Character Design About Feuds in Indonesia in a 2D Animated Short Film Titled “ Perang Sarung .” 7(2), 1458–1465.

Alrazi, C. Z., & Rachman, A. (2021). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 14(2), 190–202. https://doi.org/10.31937/ultimart.v14i2.2247

Chakimi, N. A., Abidin, M. R., Pd, S., & Pd, M. (2021). Perancangan Animasi 2D Edukasi Pengenalan Deforestasi Untuk Anak Usia 8-12 Tahun. 3(1), 220–233.

Hutabarat, S., Rajagukguk, E., Jaya, I. K., & Hasibuan, D. (2021). Aplikasi Pembelajaran Flora dan Fauna Pada Anak Usia Dini TK . Karya Maju Dengan Metode Prototyping Berbasis Android. 1(1), 28–34.

Karundeng, C. O., Mamahit, D. J., & Sugiarso, B. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Satwa Langka di Indonesia Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20852

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51

Lubis, R. A., & Herlawati, H. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Flora Dan Fauna Di Indonesia Pada SD 03 Cakung Jakarta Timur. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 7(2), 199–210. https://doi.org/10.33558/piksel.v7i2.1841

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Molana, A., & Utomo, N. W. P. (2019). Perancangan Video Motion Graphics 2d Mengenai “Tata Cara Shalat Sunnah Dhuha” Untuk Anak Usia 6–8 Tahun. Pantarei. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/423

Mustika Sri Astuti , Zaini Ramdhan, S.Sn., M. S. (2019). PERANCANGAN DESAIN KARAKTER ANIMASI 3D BERJUDUL “ PANGERAN MUNDINGLAYA ” SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DESIGN OF 3D ANIMATION CHARACTER " PANGERAN MUNDINGLAYA " AS A CHARACTER EDUCATION MEDIA FOR CHILDREN Mustika Sri Astuti 1. 6(3), 3680–3689.

Pramono, W., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2017). Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression Dalam Pembuatan Animasi Dua Dimensi. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017, November, 1–2. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek

Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ai9IDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=animasi&ots=GPiDqFMVng&sig=3wt4zPDtzAxjKAJqMimb9ioSYqo&redir_esc=y#v=onepage&q=animasi&f=false

Wicaksono, G. (2020). Perancangan Concept Art Film Animasi “ Kekang Kukang .”

Widiyanto, A. S. (2020). DASAR-DASAR ANIMASI PADA PROJECT SERIAL ANIMASI 3D KAMPUNG WARNA-WARNI DASAR-DASAR ANIMASI PADA PROJECT SERIAL ANIMASI 3D KAMPUNG WARNA-WARNI.