HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA TINGKAT PERTAMA (STUDI PADA MASA PANDEMI COVID-19)

Main Article Content

Nawangwulan Intan Widyasri
Pamela Hendra Heng

Abstract

Penyesusaian diri merupakan hal yang perlu dilakukan ketika seorang individu sedang bertemu dengan situasi, keadaan, dan hal baru. Hal ini juga dilakukan oleh mahasiswa tingkat pertama dalam memasuki perguruan tinggi dari tingkat pendidikan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri mahasiswa tingkat pertama selama melakukan kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan secara daring selama pandemi COVID-19. Adanya bantuan atau dukungan sosial yang diberikan oleh orang-orang terdekat dapat membuat mahasiswa lebih mampu menyelesaikan konflik, meringankan beban, dan mendapatkan pertolongan dalam berbagai bentuk. Hal itu termasuk dalam membantu mahasiswa untuk lebih berbaur dengan lingkungan baru, serta menanggulangi masalah yang timbul ketika mahasiswa mulai masuk ke dalam dunia perkuliahan. Penelitian ini melibatkan 104 orang partisipan mahasiswa tingkat pertama yang berusia 18-22 tahun dan mengikuti pembelajaran daring, dan diukur menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) serta Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa r (104) = 0.264 dan p = 0.007 (p<0.05). Hal ini membuat hipotesis penelitian diterima, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan korelasi signifikan dengan arah positif yang memiliki arti bahwa semakin tinggi dukungan sosial seorang mahasiswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat penyesuaian dirinya.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, M. C., Kong, L. L., & Talib, A. R. (2014). Perceived social support as predictor of university adjustment and academic achievement amongst first year undergraduates in a Malaysian public University. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 11, 59-73. doi: 10.32890/mjli.11.2014.7665

Baker, R. W., McNeil, O. V., & Siryk, B. (1985). Expectation and reality in freshman adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 32(1), 94-103. doi: 10.1037/0022-0167.32.1.94

Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31(2), 179-189. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.2.179

Clark, C., Schwitzer, A., Paredes, T., & Grothaus, T. (2018). Honors college students' adjustment factors and academic success: Advising implications. NACADA Journal, 38(2), 20-30. doi: 10.12930/nacada-17-014

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. doi: 10.36667/jppi.v7i2.367

Kuh, G. D., Kinzie, J. L., Buckley, J. A., Bridges, B. K., & Hayek, J. C. (2006). What matters to student success: A review of the literature.

Langford, C. P., Bowsher, J., Maloney, J. P., & Lillis, P. P. (2008). Social support: A conceptual analysis. Journal of Advanced Nursing, 25(1), 95-100. doi: 10.1046/j.1365-2648.1997.1997025095.x

Lau, E. Y., Chan, K. K., & Lam, C. B. (2018). Social support and adjustment outcomes of first-year University students in Hong Kong: Self-esteem as a mediator. Journal of College Student Development, 59(1), 129-134. doi: 10.1353/csd.2018.0011

Pearson, J. E. (1986). The definition and measurement of social support. Journal of Counseling & Development, 64(6), 390-395. doi: 10.1002/j.1556-6676.1986.tb01144.x

Rasyid, H., & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara dukungan sosial dan penyesuaian diri pada mahasiswa universitas airlangga. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 1306-1312.

Suharsono, Y., & Anwar, Z. (2020). Analisis stress dan penyesuaian diri pada mahasiswa. Cognicia, 8(1), 1-9.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Widihapsari, I., & Susilawati, L. (2018). Peran kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru Universitas Udayana yang berasal dari luar pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 48-62.

Yang, D., Tu, C. C., & Dai, X. (2020). The effect of the 2019 novel coronavirus pandemic on college students in Wuhan. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12(S1), S6.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41.