HUBUNGAN LONELINESS DENGAN CELEBRITY WORSHIP PADA REMAJA PENGGUNA FAN ACCOUNT BTS DI TWITTER

Main Article Content

Dhiva Yuniarti
Agustina -

Abstract

Hadirnya fenomena K-Pop membuat budayanya semakin dikenal masyarakat salah satunya adalah perkembangan musik K-Pop. Tidak heran beberapa masyarakat yang menyukai kehadiran mereka bahkan menjadi penggemarnya. Penelitian ini akan mengkaji hubungan loneliness dengan celebrity worship pada remaja pengguna fan account BTS di twitter. BTS merupakan salah satu boygroup yang menduduki posisi pertama sejak tahun 2018 – 2021 yang banyak diperbincangkan oleh penggemar di media sosial twitter. Melalui media sosial, para penggemar sering melakukan perilaku pemujaan selebriti (celebrity worship) terhadap idolanya. Celebrity worship digambarkan sebagai bentuk perilaku obsesif yang melibatkan hubungan satu arah antara penggemar dengan satu atau lebih idolanya. Banyak faktor yang memengaruhi penggemar untuk membentuk perilaku celebrity worship, dalam penelitian ini adalah kesepian (loneliness). Peneliti ini melibatkan 200 responden yang terdiri dari 193 perempuan dan 7 laki-laki yang memiliki tingkat loneliness dan celebrity worship sedang dan tinggi. Alat ukur yang digunakan adalah UCLA Loneliness Scale (Versi 3) yang diadaptasi oleh Malahayati (2018) dan Celebrity Attitude Scale (CAS) yang diadaptasi oleh Lauwhanda (2020). Analisis menggunakan teknik korelasi pearson, dan diperoleh r(200) = 0.625, p = 0.000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara loneliness dengan celebrity worship.

Article Details

Section
Articles

References

Ashe, D. D., & Mccutcheon., L. E. (2001). Shyness, loneliness, and attitude toward celebrities. Journal Current Research in Social Psychology, 6(9).

Asriana, W., & Ratnasari, Y. (2012). Kecemburuan pada laki-laki dan perempuan dalam menghadapi perselingkuhan pasangan melalui media internet. Jurnal Psikologi Pitutur, 1(1), 81 – 94.

Baron, R. A., & Byrne D. (2005). Psikologi sosial [Edisi Kesepuluh]. Erlangga

Berk, E. L. (2012). Development through the lifespan. Pustaka Pelajar.

Brown, W. J. (2015). Examining four processes of audience involvement with media personae: Transportation, parasocial interaction, identification, and worship. Communication Theory, 25, 259–283.

Gunarsa, S. D. (2004). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga [Cetakan 7]. PT Gunung Mulia.

Hoffner, C. A. (2002). Attachment to media character. Encyclopedia of Communication and Information, 1(1), 60 – 65.

Iannone, N. E., McCarty, M. K., Branch, S. E., & Kelly, J. R. (2018). Connecting in the Twitterverse: using Twitter to satisfy unmet belonging needs. The Journal of Social Psychology, 158(4), 491-495. https://doi.org/10.1080/00224545.2017.1385445

Indriasti, X. J. (2020, April 4). Apakah kamu pengguna aktif Twitter? Tahukan kamu jika Twitter memiliki beberapa istilah baru saat ini. Brilio.Net. https://www.brilio.net/creator/7-istilah-dalam-Twitter-zaman-now-yang-patut-kamu-ketahui-3bd19e

Kim, Y. J. (2021, Juli 30). K-pop kembali cetak rekor dengan 7,5 milyar tweet. twitter.com.https://blog.Twitter.com/in_id/topics/insights/2021/kpop-kembali-cetak-rekor-dengan-7-5-milyar-tweet

Kocis. (2011). K-Pop a new force in pop music. Ministry of Culture, Sport, and Tourism.

Lauwhanda, V. L. (2020). Hubungan antara celebrity worship dan body image mahasiswa perempuan dewasa awal fans kpop di Jakarta. [Skripsi sarjana tidak dipublikasikan]. Universitas Tarumanagara

Levy. (2015). Celebrity worship concept. Florida.

Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense-personal celebrity worship and body image: Evidence of a link among female. British Journal of Health Psychology, 10, 17-32. https://doi.org/10.1348/135910704X15257

Malahayati, S. (2018). Hubungan antara kesepian dan celebrity worship pada penggemar k-pop dewasa awal [Skripsi sarjana tidak dipublikasikan]. Universitas airlangga

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40, 273–283.

McCutcheon, L. E. (2002). Machiavellianism, belief in a just world, and the tendency to worship celebrities. Current Research in Social Psychology, 8(9), 131-139.

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualize and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67–87. https://doi.org/10.1348/000712602162454

Rauch, S. M., Strobel, C., Bella, M., Odachowski, Z., & Bloom, C. (2014). Face to face versus Facebook: Does exposure to social networking web sites augment or attenuate physiological arousal among the socially anxious? Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 17(3), 187–190. http://dx.doi.org/10.1089/cyber.2012.0498

Russell, D., Cutrona, C. E., Rose, J., & Yurko, K. (1984). Social and emotional loneliness: An examination of

Weiss's typology of loneliness. Journal of Personality and Social Psychology, 46(6), 1313–1321. https://doi.org/10.1037/0022-3514.46.6.1313

Russell, D. W. (1996). UCLA Loneliness Scale (Version 3): Reliability, Validity, and Factor Structure. Lawrence Erlbaum Associates, 66, 20-40.

Syam, R. I., & Maryani, A. (2019). Fenomena pseudonim di Twitter: Studi fenomenologi konstruksi identitas cyber account di Twitter. Manajemen Komunikasi, 5(2), 358-367