PENERAPAN TEKNIK ZERO WASTE PATTERN DAN POLA KONSTRUKSI UNTUK BUSANA READY TO WEAR

Main Article Content

Alicia Christy Zvereva Gadi

Abstract

Industri kreatif sendiri merupakan sebuah usaha yang menekankan pada kreativitas, ide, inovasi, dari sumber daya manusia dalam menyajikan produk dan dapat membuka pasar persaingan produk yang inovatif dan dapat bersaing di pasar. Teknik zero waste fashion bisa menjadi solusi dalam merancang busana yang hanya menghasilkan limbah tekstil dalam jumlah yang sedikit atau mengurangi sisa-sisa pembuangan bahan bahkan tidak menghasilkan limbah bahan sama sekali. Bahkan limbah bahan tersebut bisa dipertimbangkan menjadi bagian sustainable movement yang lebih besar. Konsep kerja zero waste fashion untuk menghilangkan pembuangan limbah tekstil dari hasil produksi busana adalah melalui desain. Langkah dasar untuk konsep zero waste fashion yaitu harus memikirkan rancangan desain yang sesuai sehingga penerapan garis pola teknik zero waste bisa maksimal. Dalam pembuatan busana ready to wear, tidak semua desain busana bisa langsung menerapkan konsep zero waste saja dikarenakan tuntutan permintaan pasar. Oleh karena itu, untuk memenuhi permintaan pasar akan busana ready to wear yang ramah lingkungan, dan juga tetap fashionable, maka teknik zero waste pattern cutting juga bisa dikombinasikan dengan pola konstruksi, yaitu flat pattern.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kombinasi teknik zero waste pattern cutting dan flat pattern yang mudah diterapkan pada busana ready to wear. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat ketertarikan calon pengguna, baik industri maupun konsumen terhadap kombinasi teknik zero waste pattern cutting dan flat pattern yang diaplikasikan pada busana ready to wear.

Article Details

Section
Articles

References

Anisa M. A, dan Ratna S., 2021. Efektivitas Zero Waste Fashion Terhadap Pengurangan Limbah Tekstil Dalam Pembuatan Busana Ready-To-Wear, E-Journal Unnes, Vol.10, No.02, Edisi Yudisium periode Juli 2021, Hal 191-200.

Ghoswatun N. ,Erna S., & Musdalifah. (2015). Efektivitas Penggunaan Pola Kombinasi Dalam Pembuatan Busana Pesta Siswa Tata Busana SMK Syafi’i Akrom Pekalongan. Jurnal TEKNOBUGA, 2(1), 50-59.

Hopkins, John, 2012, Fashion Design: The Complete Guide, Lausanne: AVA Publishing SA.

Julia M., dan Faradillah N. (2019). Penerapan Teknik Zero Waste Fashion Desain pada Busana Outerwear Studi Kasus: Trench Coat. E-Proceeding of Art & Design : Vol.6, No.2, Page 1965.

Lindqvist, R, 2013, On The Logic Of Pattern Cutting Foundational Cuts And Approximations Of The Body. University of BorÅs Studies in Artistic Research, No 3.

Miinimaki, Kirsi, 2013, Sustainable Fashion, New Appraches: Helsinki, The Authors and Aalto Univercity.

Nadia A., dan Faradillah N. (2019). Perancangan Busana Ready-To-Wear Dengan Teknik Zero Waste Fashion Design Studi Kasus : Pola Busana Geometris Kimono. E-Proceeding of Art & Design : Vol.6, No.2, Page 2262.

Rissanen, Timo. (2013). Zero-Waste Fashion Design: a Study at the Intersection of Cloth, Fashion Design and Pattern Cutting. Sydney: University of Technology.

Rissanen,T. dan McQuillan, H. (2016). Zero Waste Fashion Design. United States Of America: Bloomsbury.

Roberts, J, 2008, School of Subtraction Cutting, The Center for Pattern Design, St. Helena CA.

Rossenbloom, S., 2019, Fashion Tries on Zero waste Design. Fashion and Style.com/zws17-p13, viewed 27 Januari 2022.

Sopiah A., Saryono, Alisa N. F., Hasan. (2022). Strategi Pengolahan Sampah dan Penerapan Zero Waste di Lingkungan Kampus STKIP Kusuma Negara. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 273-281.

St. Aisyah, 2017, Identifikasi Kemampuan Membuat Pola Busana Wanita Pada Mahasiswa Jurusan PKK FT UNM, Seminar Nasional Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Subagja B. L., dan Faradillah N. (2021). Perancangan Busana Ready To Wear Menggunakan Teknik Engineered Print. Jurnal ATRAT Vol.9, No.3, 266-274.