ASSERTIVE BEHAVIOR THERAPY & POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR Y

Main Article Content

Elita Kirana
Roslina Verauli

Abstract

Perilaku asertif merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh anak usia sekolah agar dapat berprestasi di sekolah. Assertive Behavior Therapy (ABT) digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan level perilaku asertif pada 5 anak perempuan kelas 3 SD di Lembaga Bimbingan Belajar Y yang berasal dari latar belakang sosial ekonomi rendah. Kelima anak ini memiliki gaya komunikasi yang pasif karena adanya rasa malu dan takut, sehingga memerlukan dorongan dari guru dan orang lain, sebelum menunjukkan kebutuhan dirinya. Partisipan mengikuti 6 sesi berupa kegiatan permainan dan praktek, dimana setiap tindakan asertif yang tampak akan mendapatkan positive reinforcement sosial berupa tepuk tangan dan pujian. Penelitian ini menggunakan quantitative one group pre-test post-test design dimana alat ukur Children’s Assertiveness Inventory (CAI) dianalisa untuk mengetahui perbandingan hasil sebelum dan sesudah intervensi. Pada akhir sesi, total skor kelima partisipan mengalami peningkatan dibanding hasil skor sebelum, dan terdapat perubahan signifikan sesudah intervensi. Maka, Assertive Behavior Therapy dan Positive Reinforcement disimpulkan cukup efektif meningkatkan perilaku asertif pada lima siswa perempuan kelas 3 SD di Lembaga Bimbingan Belajar Y.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Elita Kirana, Tarumanagara University

Magister Psikologi Untar

References

Adam, L. & Lenz, E. (1995). Jadilah diri anda sendiri: Be your best. Efektivitas pribadi dalam

hidup dan hubungan anda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Alberti, R. & Emmons, M. (2002). Your perfect right, hidup lebih bahagia dengan menggunakan

hak. Jakarta: Elex Media Komputindo

Berk, L. E. (2014). Development through the lifespan (6th ed.). Boston: Pearson Education.

Boniecki, K. A., & Moore, S. (2003). Breaking the silence: Using a token economy to reinforce

classroom participation. Teaching of Psychology, 30(3), 224-227.

Branden, N. (1995). The six pillars of self-esteem. Bantam Dell Publishing Group.

Dept. of Education & Science. (1997). On My Own Two Feet: Assertive Communication.

Diunduh dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&

cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwiT4ePN4_HXAhVEq48KHUXJB3gQFggoMAA&ur

l=http%3A%2F%2Fwww.sphe.ie%2Fdownloads%2Fmo2f%2Fassertive_communication.pdf

&usg=AOvVaw01_ngjAU-jWtsmtBAKnDB3.

DeVito, J.A. (2013). The Interpersonal communication book (13th ed.). Boston: Pearson

Doverspike, W. F. (2013). How to be more assertive: a key to better communication. Diunduh

dari https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&

cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwixxofT6fHXAhUIpo8KHUB1DjkQFggoMAA&url=

http%3A%2F%2Fdrwilliamdoverspike.com%2Ffiles%2Fhow_to_be_more_assertive.pdf&us

g=AOvVaw2So_BTYKpqwbxlAB1TYg24.

Gambrill, E. (2006). Critical thinking in clinical practice: Improving the quality of judgments

and decisions. John Wiley & Sons.

Hersen, M., & Sledge, W. H. (2002). Encyclopedia of psychotherapy. USA: Elsevier

Kazdin, A. E. (2013). Behavioral modification in applied setting. Long Grove: Waveland Press,

Inc.

Lioni, A., & Pratiwi, T. I. (2013). Penerapan assertive training untuk mengurangi perilaku

negatif berpacaran pada siswa kelas x-1 di sma negeri 1 porong. Jurnal Mahasiswa Teknologi

Pendidikan, 4(1).

Milovanovic, R., Miladinovic, I. C., & Stojanovic, B. (2017). Assertiveness of prospective

teachers and preschool teachers. Journal Plus Education, 16(2), 289-303.

Modahl, C. (2018). A Bullying Prevention Program: Pairing Assertiveness Training to Empower

Bully Victims. (Doctoral dissertation). Capella University.

Morin, D. (2017). The effects of inclusion and positive reinforcement within the classroom.

Merrimack College.

Murray, H., & Lang, M. (1997). Does classroom participation improve student

learning. Teaching and Learning in Higher Education, 20(1), 7-9.

Ollendick, T. H. (1983). Reliability and validity of the revised fear survey schedule for children

(FSSC-R). Behaviour research and therapy, 21(6), 685-692.

Papalia, D.E. & Feldman, R.D. (2011). A childs world : infancy through adolescence. Boston :

McGraw Hill.

Papalia D.E., Olds, S.W, & Feldman, R.D. (2009). Human Development (10th ed.)

(Perkembangan Manusia edisi 10 buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.

Rotheram-Borus, M. J., Bickford, B., & Milburn, N. G. (2001). Implementing a classroom-based

social skills training program in middle childhood. Journal of Educational and Psychological

Consultation, 12(2), 91-111.

Sarafino, E. P. (2014). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed.). Diunduh dari

https://books.google.co.id/books?id=m9hwDFOU1E8C&pg=PT249&lpg=PT249&dq=source

+of++external+distraction+during++psychological+intervention&source=bl&ots=5SxeTeJcV

x&sig=liAoofF8XKsqQzIoJjS02TopYX8&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwi68d-1pTUAhVJKY8KHXccDgsQ6AEIQjAF#v=onepage&q=source

of external distraction during

psychological intervention&f=false.

Sims, C. M. (2017). Do the big-five personality traits predict empathic listening and assertive

communication?. International Journal of Listening, 31(3), 163-188.

Speed, B. C., Goldstein, B. L., & Goldfried, M. R. (2017). Assertiveness Training: A Forgotten

Evidence?Based Treatment. Clinical Psychology: Science and Practice.

Trisnaningtyas, E., & Nursalim, M. (2010). Penerapan latihan asertif untuk meningkatkan

keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan

Bimbingan, 11(1), 30-35.