PRESTASI AKADEMIK DITINJAU DARI KETERLIBATAN REMAJA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Main Article Content
Abstract
Article Details
References
Chairiyanti, L., R. (2013). Hubungan antara Self-efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125-1133. doi : 10.21512/humaniora.v4i2.3553
Cooper, H., Valentine, J. C., Nye, B., & Lindsay, J. J. (1999). Relationships between five after-school activities and academic achievement. Journal of Educational Psychology, 91(2), 369-378. doi : 10.1037/0022-0663.91.2.369
Departemen Pendidikan Nasional. (2011) . Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta, JKT: PT Gramedia Pustaka Utama.
Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (22). Di akses dari http://www.slideshare.net/login?from_source=/mobile/wellyindrianykurniyawan/salinan-permendikbud-nomor-81-a-tahun-2013-tentang-implementasi-kurikulum-garuda-28831731
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). doi : 10.15294/jpii.v3i1.2906
Fajrina, A. D., & Rosiana, D. (2015). Hubungan Flow dengan Psychological Well-Being Mahasiswa Psikologi UNISBA yang Aktif organisasi. Di akses dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1292/pdf
Inriyani, Y., Wahjoedi, W., & Sudarmiatin, S. (2017). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. In Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016. Di akses dari http://pasca.um.ac.id/conferences/idex.php/gtk/aricle/view/246/233
Kurniawat, R., & Leonardi, T. (2013). Hubungan Antara Metakognisi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang Aktif Berorganisasi di Organisasi Mahasiswa Tingkat Fakultas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(1), 16-21. Diakses dari http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/jppp8592e834fc2full.pdf
Knifsend, C. A., & Graham, S. (2012). Too much of a good thing? How breadth of extracurricular participation relates to school-related affect and academic outcomes during adolescence. Journal of Youth and Adolescence, 41(3), 379-389. doi : 10.1007/s10964-011-9737-4.
Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities, Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73-100. Di akses dari https://pdfs.semanticscholar.org/b481/6f3f0c344184ec9f75dd7a6aef039a2bb80f.pdf
Mahoney, J. L., Larson, R. W., & Eccles, J. S. (2005). Organized Activities as Contexts of Development: Extracurricular Activities, After-School, and Community Programs. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates. Diakses dari https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=0E54AgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Mahoney,+J.+L.,+Larson,+R.+W.,+%26+Eccles,+J.+S.+(2005).+Organized+Activities+as+Contexts+of+Development:+Extracurricular+Activities,+After-School,+and+Community+Programs.+New+Jersey:+Lawrence+Erlbaum+Associates.&ots=Lg10zs3m6i&sig=uYBwgwNn4V2hsBLKXy8BFheFkMg
Mehus, O. M. (1932). Extracurricular activities and academic achievement. The Journal of Educational Sociology, 6(3), 143-149. doi : 10.2307/2961561
Rivkin, S. G., Hanushek, E. A., & Kain, J. F. (2005). Teachers, schools, and academic achievement. Econometrica, 73(2), 417-458. doi : 10.1111/j.1468-0262.2005.00584.x
Sobur, A. (2006). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Sastra.
Untari, E. (2016). Korelasi Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Organisasi Sekolah dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Ngawi Tahun Ajaran 2014/2015. Media Prestasi, 15(2), 41-54. Di akses dari http://jurnal.stkipngawi.ac.id/index..php/mp/article/viewFile/103/pdf_41
Warsito, H. (2012). Hubungan Antara Self-efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29-47. Di akses dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/119/pdf.