HUBUNGAN FAKTOR KEPRIBADIAN EXTRAVERSION DAN PRESTASI AKADEMIK

Main Article Content

Luthfiyatul Badriyah
Andi Tenri Faradiba

Abstract

Prestasi akademik seorang mahasiswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kepribadian. Big five Personality merupakan salah satu teori kepribadian yang paling sering digunakan dalam menjelaskan prestasi akademik pada mahasiswa. Big Five terdiri dari 5 dimensi yaitu, Extraversion, Agreeableness, Conscientiousness, Neuroticism, dan Openness to Experience. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kepribadian extraversion terhadap prestasi akademik.. Sampel dari penelitian ini adalah 640 mahasiswa. NEO-FFI digunakan untuk mengukur kepribadian mahasiswa sedangkan nilai IPK digunakan untuk mengukur prestasi akademik. Analisis korelasional menunjukan hasil bahwa extraversion dengan prestasi akademik memiliki nilai signifikansi sebesar (0,09>0,05) sehingga extraversion ditemukan tidak memiliki korelasi secara signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Luthfiyatul Badriyah, University of pancasila

Mahasiswa

Andi Tenri Faradiba, University of pancasila

Dosen

References

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory.

Englewood Cliffs, NJ, US: Prentice-Hall.

Beaujean, A.A., Firmin, M.W., Attai, S., Johnson, C.B., Firmin, R.L., & Mena, K.E. (2011). Using

personality and cognitive ability to predict academic achievement in a young adult

sample. Personality and Individual Differences, 51(6), 709-714. doi :

1016/j.paid.2011.06.023.

Caprara, G.V., Vecchione, M., Alesandri,G., Gerbino, M., & Barbaranelli, C. (2011). The contribution

of personality traits and self-efficacy believes to academic achievement: A longitudinal study.

British Journal Of Educational Psychology, 81(1),78-96. doi : 10.1348/2044-8279.002004.

Clemons, T.L. (2008). Underachieving gifted students: a social cognitive model. The National

Research Centre On The Gifted And Talented. Retrieved from

https://eric.ed.gov/?id=ED505382.

Day, L., Hanson, K., Maltby, J., Proctor, C., & Wood, A. (2010). Hope uniquely predicts objective

academic achievement above intelligence, personality, and previous academic achievement.

Journal of Research in Personality, 44(4), 550-553. doi : 10.1016/j.jrp.2010.05.009.

Feist, J. & Feist, G.J. (1998). Theories of Personality (4th ed.). New York, NY: McGraw Hill

Company.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan

sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat.

Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114. doi : 10.14710/jpu.10.2.103-114.