PERAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN REGULASI DIRI BELAJAR TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIS MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KEDINASAN BERASRAMA XYZ

Main Article Content

Khairun Nisa
Sri Tiatri
Heni Mularsih

Abstract

Penyesuaian diri dalam masa transisi dari sekolah menengah ke universitas merupakan hal penting. Salah satu bentuk penyesuaian diri di universitas yaitu penyesuaian akademis. Fenomena yang terjadi pada mahasiswa baru di Sekolah Tinggi XYZ sangat relevan dengan penyesuaian akademis. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu oleh Cazan (2012), Kornell & Metcalfe (2006), Zimmerman & Schunk (2008), Zakiyah, et.al (2010) serta fenomena yang terjadi di Sekolah Tinggi XYZ, penulis ingin mengetahui bagaimana peran dukungan teman sebaya dan regulasi diri belajar terhadap penyesuaian akademis pada mahasiswa sekolah tinggi XYZ. Mahasiswa merupakan remaja yang sangat memerlukan dukungan teman sebaya. Siswa yang ditolak oleh teman sebaya memiliki masalah penyesuaian yang lebih serius dari pada siswa yang tidak diperdulikan oleh teman sebaya (Santrock, 2011). Selain itu, regulasi diri belajar diketahui sebagai prediktor utama penyesuaian akademis namun belum diteliti apakah dukungan teman sebaya dapat bersama-sama berperan dalam menentukan tingkat penyesuaian akademis mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran dukungan teman sebaya dan regulasi diri belajar terhadap penyesuaian akademis mahasiswa. Fenomena terkait penyesuaian akademis di Sekolah Tinggi XYZ menjadi masalah berulang-ulang dan penting untuk diselesaikan, dalam ruang lingkup yang lebih luas, karakteristik partisipan belum banyak diteliti yakni mahasiswa Pendidikan Tinggi Kedinasan. Partisipan 97 mahasiswa tingkat awal. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa dukungan teman sebaya dan regulasi diri belajar berperan secara bersama-sama terhadap penyesuaian akademis mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan Berasrama XYZ, dukungan teman sebaya memiliki peran lebih besar dari pada variabel regulasi diri belajar.

Article Details

Section
Articles

References

Baker, R. E., & Siryk, B. (1999). Student adaptation to college questionnaire manual . Los

Angeles, CA: Western Psychological Services.

Boekaerts, M., Pintrich, P. R., & Zeidner, M. (Eds.). (2000). Handbook of Self-Regulation. San

Diego, CA: Academic Press.

Bruinsma, M. (2004). Motivation, cognitive processing and achievement in higher education.

Learning and Instruction, 14, 549-568.

Cazan, A. M. (2012). Self regulated learning strategies–predictors of academic

adjustment. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 33, 104-108.

Clinciu, A. I., & Cazan, A. M. (2014). Academic Adjustment Questionnaire for the university

students. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 127, 655-660.

Clinciu, A. I. (2012). Adaptation and stress for the first year university students. Procedia–Social

and Behavioral Sciences, 78 , 718-722.

Enochs, W. K., & Roland, C. B. (2006). Social adjustment to college freshmen: the importance of

gender and living environment. College Student Journal, 40 (1), 63-72.

Espinoza, G., O’Neel, C.G., Gonzales, N.A., Fuligni, A. J. (2014). Friend affiliations and school

adjustment among mexican-american adolescents: the moderating role of peer and parent

support. J Youth Adolescence 43:1969–1981. DOI 10.1007/s10964-013-0023-5.

Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial

terhadap stres lingkungan pada santri baru. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi Fakultas

Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Vol. 1, No 2, Desember 2013.

Kornell, N., & Metcalfe, J. (2006). Study efficacy and the region of proximal learning framework.

Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 32 , 609–622.

Molnar, D. (1993). The impact of mission effectiveness on student retention. Annual Forum of the

Association for Institutional Research, Chicago, Il. (ERIC Document Reproduction Service

No. ED360940).

Pintrich, P. R., Smith, D. A. F., Garcia, T., & McKeachie, W. J. (1991). A manual for the use of

the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Michigan: The University of

Michigan.

Santrock, J.W. (2004). Life-Span Development (9th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Santrock, J.W. (2007). Adolescence (11th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology (5th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (Eds.). (1994). Self-Regulation Of Learning and Performance:

Issues and Educational Applications. NJ: Erlbaum.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (Eds.). (1998). Self-Regulated Learning: from Teaching to

Self-Reflective Practice. New York: Guilford Press.

Schunk, D.H. (2005). Self-regulated learning: The educational legacy of Paul R. Pintrich.

Educational Psychologist, 40, 85-94.

Zakiyah, N., Hidayati, F. N. R., & Setyawan, I. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri dengan

prokrastinasi akademik siswa sekolah berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal

Psikologi Undip, Vol. 8, No.2, Oktober 2010.

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic. learning. Journal

of Educational Psychology, 81, 329-339.

Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: an overview.

Educational Psychologist, 25(1), 3-17.

Zimmerman, B. J. (1998). Academic studying and the development of personal skill: a selfregulatory

perspective. Educational Psychologist, 33,73-86.

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation: a social cognitive perspective. In: Boekaerts

M, Pintrich P. R, Zeidner M, eds. Handbook of Self-Regulation. Mahwah, NY: Academic

Press.