PENERAPAN FORWARD CHAINING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANDI SECARA MANDIRI PADA REMAJA DENGAN MILD INTELLECTUAL DISABILITY

Main Article Content

Adisa Mustikawati
Woro Kurnianingrum

Abstract

Hambatan dalam fungsi adaptif merupakan salah satu karakteristik individu dengan intellectual disability. Hal yang termasuk ke dalam fungsi adaptif, yaitu kemampuan bina diri atau perawatan diri. Individu dengan mild intellectual disability merupakan individu yang mampu didik, yaitu mampu untuk mempelajari keterampilan hidup sehari-hari. Salah satu kemampuan adaptif yang dapat ditingkatkan pada individu dengan mild intellectual disability adalah mandi secara mandiri. Kemampuan mandi secara mandiri merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai karena berkaitan dengan kebersihan diri sendiri dan kesehatan kulit. Dengan menggunakan teknik forward chaining, satu orang remaja dengan mild intellectual disability mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mandi secara mandiri, terutama dalam mempertahankan kemampuan yang sudah dikuasai dan melatih kemampuan yang sebelumnya belum ada atau ditunjukkan. Pemberian prompting dan social reinforcers juga digunakan dalam penelitian ini. Prompt yang diberikan meliputi instruksi atau arahan. Intervensi dilakukan selama 9 sesi. Hasil dari penelitian ini adalah telah terbentuk perilaku mandi sebagai bagian dari kemampuan bina diri pada remaja dengan mild intellectual disability. Peneliti menyimpulkan bahwa program modifikasi perilaku dengan menggunakan teknik forward chaining disertai dengan pemberian prompt dan social reinforcers menampilkan efektivitas jangka panjang, di mana perilaku mandi secara mandiri dengan langkah-langkah yang tepat dapat dipertahankan oleh subyek apabila terus dilakukan penguatan dengan berulang dan jangka waktu yang panjang atau sesi lebih banyak.

Article Details

Section
Articles

References

American Association on Mental Deficiency. (1983).. Classification In Mental Retardation.

American Association of Mental Deficiency: Washington.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorder

(5th ed.). American Psychological Association: Washington, DC.

Ardic, A., & Cavkaytar, A. (2014). Effectiveness of the Modified Intensive Toilet Training Method

on Teaching Toilet Skills to Children with Autism. Education and Training in Autism and

Developmental Disabilities, 49 (2), 263 – 276.

Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Razavich, A. (2010). Introduction to research in education.

California: Wadsworth Cengage Learning.

Bennett, E. P. (2009). Comparison of Backward and Forward Chaining in the Acquisition of Play

and Vocational Skills. Boston: Northeastern University.

Byiers, B. J., Reichle, J., & Symons, F. J. (2012). Single-subject experimental design for evidencebased

practice. American Journal of Speech-Language Pathology, 21, 397- 414.

Ersoy, G., Tekin-Iftar, E., & Kircaali-Iftar, G. (2009). Effects of Antecedent Prompt and Test

Procedure on Teaching Simulated Menstrual Care Skills to Females with Developmental

Disabilities. Education and Training in Developmental Disabilities, 44 (1), 54-66.

Gunawan, A. A., Nurihasan, A. J., & Sunanto, J. (2017). Bimbingan Keterampilan Hidup Personal

Bagi Anak Tuna Grahita Ringan di SLB Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha,

(1), 58 - 95.

Heward, W. L. (2013). Exceptional Childrens an Introduction to Special Education (10thed.)

Saddle River, NJ: Pearson Education.

Kazdin, A. E. (2001). Behavior modification in applied settings (6th ed.). Long Grove, Illinois:

Waveland Press, Inc.

Kazdin, A. E. (2013), Behavior Modification in Applied Settings (7th ed.). Illionis: Waveland Press,

Inc.

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (Jilid 1). Depok:

Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2005). Abnormal Child Psychology (3rded). Belmont, CA: Thomson

Wadsworth.

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2013). Abnormal Child Psychopatology (5thed.). USA: Wadsworth.

Nelson, R., & Israel, A. C. (2015). Abnormal child and adolescent psychology with DSM-V updates

(8th ed.). New York: Pearson.

New York State Education Departemen. (2011). Special Education: Behavioral Intervention Plans.

University of the State of New York.

Rahmawati, D., Nani, D., Pratiwi, H. M., & Purnamasari, M. D. (2014). Self-Care Management

Training Meningkatkan Pengetahuan Orangtua dan Kemampuan Perawatan Diri Anak

Retardasi Mental. 277-285.

Sabielny, L. M., & Cannella-Malone, H.I., (2014). Comparison of Prompting Strategies on the

Acquisition of Daily Living Skills. Education and Training in Autism and Developmental

Disabilities, 49 (1), 145 – 152.

Penerapan Forward Chaining Dalam Meningkatkan Mustikawati,Adisa, et al.

Kemampuan Mandi Secara Mandiri Pada Remaja

Dengan Mild Intellectual Disability

Sari, O. A., & Santy, W. H. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kemandirian

Personal Hygiene Anak Tunagrahita di SLB Tunas Mulya Kelurahan Semewi Kecamatan

Benowo. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10 (2), 164 - 171.

Sattler, J. M. (2002). Assessment of Children (Behavioral and Clinical Applications (4thed.). San

Diego: Jerome M. Sattler, Publisher, Inc.

Shaw, S. R. (2010, February). Rescuing Students From the Slow Learner Trap. Principal

Leadership, 10 (6), 12-16.

Swapna., & Sudhir, M.A. (2016). Behavior Modification for Intellectually Disabled Students.

IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21 (2), 35 – 38.

Westwood, P. (2009). What teachers need to know about students with disabilities. Victoria: Acer

Press.