PENERAPAN ASERTIVE BEHAVIOR THERAPY DAN POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIVITAS VERBAL PADA ANAK USIA TENGAH

Main Article Content

Nashwa Oelfy
Debora Basaria
Samanta Nur Ananta

Abstract

Dalam tahap perkembangan, tak jarang anak mengalami hambatan atau bahkan melakukan perilaku yang keliru yang dapat merugikan mereka, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Perilaku yang sering terjadi pada anak adalah perilaku agresivitas. Perilaku agresivitas terjadi pada masa perkembangan, karena pada masa inilah seorang anak sudah mulai merasa ingin mengetahui dan ingin melakukan sesuatu yang dia inginkan walaupun tanpa dia sadari sesuatu yang dia lakukan itu dapat berdampak negatif pada dirinya sendiri ataupun pada orang lain. Oleh sebab itu, Assertive Behavior Therapy dan Positive Reinforcement diterapkan pada penelitian ini sebagai upaya untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresivitas dari lima anak usia tengah di Panti sosial X. Penelitian ini menggunakan quantitative one group pre-test post-test design dimana alat ukur Agresivitas dianalisa untuk mengetahui perbandingan hasil sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Terlihat kelima partisipan mengalami penurunan dari perilaku agresivitasnya. Total skor yang diperoleh kelima partisipan menunjukkan bahwa agresivitas mereka berada dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa efektivitas dari Assertive Behavior Therapy dan Positive Reinforcement untuk mengurangi kecenderungan perilaku agresivitas verbal dari lima anak usia tengah di Panti sosial X tergolong cukup efektif

Article Details

Section
Articles

References

Berg, L. K. W., Fingerman, K. L., Smith, J., & Berg, C. (2011). Handbook of Life-Span

Development. New York, NY: Springer Publishing Company, LLC.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsih, S. D. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock. E. B. (1987). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Kartono, K. (2007). Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta: Erlangga.

Johnson, R. C., & Medinnus, G. R. (1976). Child Psychology Behavior and Development. New

York: John Wiley and Son.

Jung, J., Krahe, B., & Busching, R. (2016). Beyond the positive reinforcement of aggression:

Peers’ acceptance of aggression promotes aggression via external control beliefs.

International Journal of Behavioral Development, 1-10.

Miltenberger, R. (2012). Behavior modification. California: Wadsworth, Cengage Learning.

Nelson, R., & Jones. (2006). Human Relationship Skill. New York: Routledge.

Pohan, I. (1986). Masalah Anak Bermasalah. Jakarta: Midas Surya Gratinda.

Purwanta, E. (2005). Modifikasi Perilaku. Jakarta: Departemen Pendidikan tinggi Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan

Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Rotheram, M. J., Bickford, B., & Millburn, N. G. (2001). Assertive Behavior Therapy. California:

Routledge

Santoso, H. (2005). Disini Matahariku Terbit. Jakarta: Gramedia.

Sukhodolsky, D. G., Smith, S. D., McCauley, S. A., Ibrahim, K., & Piasecka, J. B. (2016).

Behavioral interventions for anger, irritability, and aggression in children and adolescents.

Journal of Child and Adolescent Psychopharmacology, 26, 1-7.

Penerapan Asertive Behavior Therapy dan Positive Reinforcement Nashwa Oelfy, et al.

Untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Agresivitas

Verbal pada Anak Usia Tengah

Sattler, J. (2002). Assesment of children: Behavior and clinical applications (4th ed.). San Diego:

Jerome M. Sattler..

Sunardi, P. L. B. (2010). Assertive Behavior Therapy. Bandung: FIP UPI

Thomas, D. E., & Bierman, K. L. The impact of classroom aggression on the development of

aggressive behavior problems in children. Dev Psychopathol, 18(2), 471-487.

Walgito, B. (1983). Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas

Psikologi UGM

Weyns, T., Verschueren, K., Leflot, G., Onghena, P., Wouters, S., & Colpin, H. (2017). The role

of teacher behavior in children's relational aggression development: A five-wave

longitudinal study. Journal of School Psychology, 64, 17-27

Willis, S. (2004). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Willis, L., & Daisley, J. (1995). Springboard: Womens Development Workbook. UK: Hawthorn

Press

Yang-Gyeong, Y., Duck-Joo, L., In-Soo, L., Namin, S., Ju-Yeon, P., Mi-Ra, Y. R. N., Boas, Y. R.

N. (2015). The effects of mind subtraction meditation on depression, social anxiety,

aggression, and salivary cortisol levels of elementary school children in south korea. Journal

of Pediatric Nursing, 1-13.