DAMPAK IMPLEMENTASI MBKM PADA KOGNITIF MAHASISWA UNIVERSITAS X: REKOMENDASI PENINGKATAN MBKM DI PTS

Main Article Content

Jap Tji Beng
Keni Keni
Nafiah Solikhah
Rita Markus Idulfilastri
Fransisca Iriani Roesmala Dewi
Mira Bella
Nina Perlita
Sri Tiatri

Abstract

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah suatu program yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) sejak tahun 2020. Universitas Tarumanagara telah berkomitmen dalam menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai bagian dari kurikulum sejak tahun 2020. Sejalan dengan kebijakan MBKM, upaya Kemendikbudristek menjaga mutu Perguruan Tinggi adalah dengan menggunakan Indikator Kinerja Utama (IKU). Salah satu sub indikator yang keberhasilan terdapat pada IKU-7, yaitu mahasiswa terlibat dalam kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan melihat dampak implementasi kelas kolaboratif dan partisipatif pada mahasiswa yang teribat dalam MBKM, khususnya dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Belitung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu qualitative descriptive dengan pendekatan participatory ethnography. Peneliti terdiri atas 7 dosen dan 6 mahasiswa pelaksana 3 PKM di Kabupaten Belitung. Partisipan yang menjadi sasaran  penelitian ini adalah  6 Mahasiswa MBKM yang terlibat dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi dan wawancara sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan acara PKM di Kabupaten Belitung. Penelitian menghasilkan tiga temuan dalam aspek kognitif yaitu: (a) kegiatan pembelajaran kolaboratif dan partisipatif meningkatkan pengetahuan mahasiswa MKBM mengenai pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; (b) meningkatkan kemampuan analisis pada mahasiswa; dan (c) meningkatkan kemampuan dalam hal problem solving pada mahasiswa. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai gambaran dampak pelaksanaan MBKM, dan selanjutnya dapat menjadi rekomendasi untuk peningkatan MBKM di perguruan tinggi swasta.

Article Details

Section
Articles

References

Arfiadi, Y. & Hadi, M.N.S. (2006). Continuous bounded controller for active control of structures. Computers and Structures, 84, 798-807.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals, Handbook I: Cognitive Domain. Longmans

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. (2021). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama PTN. Diunduh dari https://dikti.kemdikbud.go.id/iku/

Gabelica, C., De Maeyer, S., & Schippers, M. C. (2021). Taking a free ride: How team learning affects social loafing. Journal of Educational Psychology. Advance online publication. https://doi.org/10.1037/edu0000713

García, A., Olivares, H., Simão, L. M., & Dominguez, A. L. (2021). Socioemotional interactions in collaborative learning: An analysis from the perspective of semiotic cultural psychology. Culture & Psychology, 27(2), 208–226. https://doi.org/10.1177/1354067X20976513

Kemdikbud. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka. Direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan. Diakses dari artikel internet http://dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/buku-panduan-penyusunan-kurikulum-pendidikan-tinggi-di-era-industri-4-0-untuk-mendukung-merdeka-belajar-kampus-merdeka/

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 486–490. doi:10.1016/j.sbspro.2011.12.091

Laal, M., & Laal, M. (2012). Collaborative learning: What is it?. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 31, 491-495.

Li, F., Ge, L.G., Wang, J. & Liu, F. (2019). Applied Participatory Learning for Teaching Professional English to Students Majoring in Nuclear Disciplines in China. Integration of Education, Vol 23(2), 183-195. DOI: 10.15507/1991-9468.095.023.201902.182-195

Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: Teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103-122. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389

Ma, W. (2008). Participatory Dialogue and Participatory Learning in a Discussion-Based Graduate Seminar. Journal of Literacy Research, 40(2), 220–249. doi:10.1080/10862960802411943

Sarraf, M. & Bruneau, M. (1998). “Ductile sismic retrofit of steel deck-truss bridges, II: Design applications”. J. Struct. Engrg., 124(11), 1263-1271.

Tandom, R. (1998). A manual for participatory training methodology in development. The Society for Participatory Research in Asia, New Delhi, India.