PENGUJIAN KONSTRUK TES POTENSI MANAJERIAL BERDASARKAN VALIDITAS BUTIR DENGAN METODE FACTOR ANALYSIS

Main Article Content

Rita Markus Idulfilastri

Abstract

Tes Potensi Manajerial merupakan tes psikologi mengukur potensi manajerial dalam ranah kognitif berdasarkan konsep Differentiated Model of Giftedness and Talent (DMGT) yaitu terjadinya proses transformasi potensi menjadi talenta. Tujuan penelitian adalah menguji konstruk tes potensi manajerial yaitu konstruk kognitif, metakognitif dan kreativitas berdasarkan validitas butir menggunakan factor analysis, Confirmatory Factor Analysis (CFA). Jumlah butir tes sebanyak 80 butir, pengambilan data pada sampel di industri otomotif level manajerial Supervisor, Asisten Manager dan Manager berjumlah 181 subyek. Mengingat adanya penambahan butir menjadi 80 butir, dilakukan kategorisasi faktor sebagai uji pendahuluan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Pengolahan data CFA menggunakan program Lisrel version 8.80, hasil pengujian berdasarkan model fit dan butir validi dengan Pvalue > 0,05; factor loading positif; t-value >1,96. Diperoleh hasil 11 indikator dengan jumlah 50 butir valid pada 3 konstruk. Konstruk kognitif terdiri 3 indikator, asumsi, deduktif dan interpretasi, jumlah 17 butir valid; konstruk metakognitif terdiri 5 indikator, deklarasi, kondisi, strategi, pengawasan, evaluasi, jumlah 16 butir valid dan konstruk kreativitas terdiri 3 indikator, fleksibelitas, keberanian berbeda dan spontanitas, jumlah 17 butir valid. Kesimpulan Tes Potensi Manajerial dapat dipakai di industri otomotif menggunakan 11 indikator dan 50 butir valid. Adanya perbedaan komposisi indikator dan jumlah butir yang dihasilkan dibandingkan penelitian sebelumnya sebagai indikasi tipe bisnis atau industri berbeda membutuhkan karakteristik Tes Potensi Manajerial spesifik.

Article Details

Section
Articles

References

Cohen, RJ., Swerdlik. ME. (2005). Psychological testing and assessment: An introduction to tests

and measurement. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Furr, RM., Bacharach, VR. (2014). Psychometrics: An Introduction. Second Edition. London:

Sage Publications, Inc.

Gagne, F. (2008). Building gifts into talent: Overview of the DMGT, University Quebec, Montreal,

Canada.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., Anderson, R.E., Tatham, R.L. (2006). Multivariate data

analysis. Sixth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Pearson Education International.

Hashmi, MA., Zeeshan, A., Saleem, M., Akbar, RA. (2012). Development and validation of an

aptitude test for secondary school mathematic students. Bulletin of Education and Research,

(1), 65-76

Idulfilastri, RM. (2012) Tes Potensi Manajerial Berbasis Ranah Kognitif Untuk Memprediksi

Kinerja Calon Karyawan. Disertasi, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Depok.

Joreskog, K., Sorbom, D. (2001). LISREL 8: Users reference guide. Scientific Software

International, Chicago.

Kaplan, D. (2009). Structural equation modeling: Foundation and extensions. California: SAGE

Publication Inc.

Kaplan, RM., Saccuzzo DP. (2001). Psychological testing: principles, applications, and issues.

Fiith Edition, California: Wardsworth Thomson Learning Inc.

Kellow, JT. (2005). Exploratory factor analysis in two measurement journals: Hegemony by

default. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 4(1), 283-287.

Knutson, DJ. (2014). Management Aptitude of Enterpreneurs. New York: Routledge.

Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni ISSN 2579-6348 (Versi Cetak)

Vol. 2, No. 1, April 2018: hlm 189-197 ISSN-L 2579-6356 (Versi Elektronik)

Maat, SM., Adnan M., Abdullah, MFNL., Ahmad, CNC., Puteh, M. (2015). Confirmatory factor

analysis of learning environment instrument among high performance school students.

Creative Education, 6, 640-646. Diunduh dari http://www.scirp.org/journal/ce.

http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.66063

Mankar, J. & Chavan, D. (2013). Differential aptitude testing of youth. International Journal of

Scientific and Research Publications, 3(7), 1-6. Diunduh dari http://www.ijsrp.org/researchpaper-0713.php?rp=P191459

Panjaitan, R.L., Irawati, R., Sujana, A., Hanifah, N., Djuanda, D. (2018). Item valditity vs. item

discriminantion index: A redundancy? Journal of Physics: Conference Series, 983, 1-5.

doi :10.1088/1742-6596/983/1/012101

Sijtsma, K. (2009). Reliability Beyond Theory and Into Practice. Psychometrika, 74(1), 169–173.

Tarka, P. (2018). An overview of structural equation modeling: Its beginnings, historical

development, usefulness and controversies in the social sciences. Qual Quant, 52, 313-354.

Diunduh dari https://doi.org/10.1007/s11135-017-0469-8.

Watson, G., Glaser, E.M., (2008). Watson-Glaser: Critical thinking appraisal. Short Form Manual.

Pearson Education.

Wigboldus, DHJ. & Dotsch, R. (2016). Encourage Playing With Data And Discourage

Questionable Reporting Practices. Psychometrika, 81(1), 27–32.

Wijanto, SH. (2008). Structural Equation Modelling dengan LISREL 8.8: Konsep dan Tutorial.

Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yong, AG. & Pearce, S. (2013). A beginner’s guide to factor analysis: focusing on explaratory

factor analysis. Tutorials in Quantitative Methods for Psychology, 9(2), 79-94.