PENERAPAN ART THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF-ESTEEM ANAK USIA MIDDLE CHILDHOOD
Main Article Content
Abstract
Self-esteem merupakan salah satu aspek pada diri yang memiliki peran penting pada tiap tahap kehidupan seseorang. Pembentukkan self-esteem pada seorang anak dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah teman sebaya, di mana anak-anak menjalin interaksi dengan teman sebayanya, sehingga pengalaman-pengalaman yang didapatkan selama interaksi tersebut menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh pada anak usia sekolah ini dalam hal pembentukkan self-esteem mereka. Di usia middle childhood, anak memasuki tahap industry versus inferiority, di mana anak harus mempelajari kemampuan produktif yang dibutuhkan atau anak akan menghadapi inferioritas. Oleh sebab itu, art therapy diterapkan dalam penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan selfesteem dari lima anak usia middle childhood. Kelima partisipan menunjukkan perilaku tidak percaya diri yang dikeluhkan oleh guru kelas. Penelitian ini menggunakan quantitative one group pre-test post-test design, di mana alat ukur self-esteem dan grafis dianalisa untuk mengetahui perbandingan hasil sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa art therapy tergolong efektif untuk meningkatkan selfesteem pada anak usia middle childhood.
Article Details
References
Alavinezhad, R., Mousavi, M., & Sohrabi, N. (2014). Effects of art therapy on anger and selfesteem
in aggressive children. Procedia Social and Behavioral Science, 7, 111-117, DOI
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.016
Deaux, K., Dane, F. C., & Wrightsman, L. S. (1993). Social Psychology in the 90s (6th ed).
California: Brooks/Cole Publishing Company.
Nugent, W. R. & Thomas, J. W. (1993). Self-esteem rating scale: Psychological indicators – an
annotated collection of instrument. USA: Research Triangel Park.
Orth, U., Robins, R. W., & Roberts, B. W. (2008). Low self-esteem prospectively predicts
depression in adolescence and young adulthood. Journal of Personality and Social
Psychology, 95, 695-708.
Page, A., & Page, C. (2000). Kiat meningkatkan harga diri anda (Yunita penerj.). Jakarta: Penerbit
Arcan. (karya asli diterbitkan tahun 2005, Melbourne, Australia: Gore & Osment
Publication.)
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (11th ed). New York,
NY: McGraw-Hill International Edition.
Pesso-Aviv, T., Regev, D., & Guttmann, J. (2014). The unique therapeutic effect of different art
materials on psychological aspects of 7-to 9-year-old children. Elsevier: The arts in
psychotherapy, 41(3), 293-301, DOI: https://doi.org/10.1016/j.aip.2014.04.005
Rubin, J. A. (2005). Child art therapy. New Jersey: John Willey & Sons.
Taghva, N. & Nezhadi, F. (2010). Using Art therapy methods to investigate aggression and
revenge in children. Diakses dari http://www.inter-disciplinary.net/wpcontent/uploads/2010/06/Taghva-Paper.pdf
Tri Putri, S. (2014). Penerapan cognitive-behavior group therapy untuk meningkatkan self-esteem
remaja pria di lembaga pemasyarakatan anak. Tesis tidak diterbitkan. Magister Psikologi,
Universitas Tarumanagara, Jakarta.
Tripathi, N. (2015). Assessing self using art therapy: A case analysis. iMedPub Journal, 1(4),
ISSN 2471-9897.
Trzesniewski, K. H., Donnellan, M. B., Moffitt, T. E., Robins, R. W., Poulton, R., & Caspi, A.
(2006). Low self-esteem during adolescence predicts poor health, criminal behavior, and
limited economic prospects during adulthood. Developmental Psychology, 42, 381-390.
Wells, K. R. (2016). Self-esteem. Retrieved from http://www.healthofchildren.com/S/SelfEsteem.html.
Woolf, H. B., Artin, E., Crawford, F. S., Gilman, E. W., Kay, M. W., & Pease Jr., R. W. (Eds.).
(1976). Webster’s new collegiate dictionary. Springfield, MA: G. & C. Merriam.
Young, B. B. (1991). How to develop self-esteem in your child: 6 vital ingredients. New York,
NY: Fawcett Columbine.