PERAN SELF-ESTEEM DAN SCHOOL WELL-BEING PADA RESILIENSI SISWA SMK PARIWISATA A

Main Article Content

Laksmiari Saraswati
Sri Tiatri
Riana Sahrani

Abstract

Pekerjaan dalam bidang pariwisata menuntut pekerja memiliki kompetensi utama hospitality, termasuk menerima komplain pelanggan dengan positif. Komplain pelanggan berpotensi menimbulkan tekanan emosional. Lulusan SMK Pariwisata A yang masih remaja perlu tangguh dalam menghadapi tekanan dan mampu bangkit kembali dari kegagalan dan memperoleh makna (resiliensi). Resiliensi merupakan inner strength, dapat dipelajari dan dibangun di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran self-esteem dan school well-being terhadap resiliensi. Partisipan adalah 73 siswa dari SMK Pariwisata A. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara bersamaan self-esteem dan school well-being berperan pada resiliensi siswa. Secara terpisah hanya selfesteem yg berperan signifikan pada resiliensi. Artinya dalam membangun resiliensi dibutuhkan peran dari selfesteem dan school well-being secara bersamaan. Kedua hal ini harus difasilitasi oleh pihak sekolah secara keseluruhan sehingga siswa SMK Pariwisata A setelah lulus sudah memiliki ketrampilan untuk menghadapi tantangan pekerjaan.

Article Details

Section
Articles

References

Binfet, J.T., Gadermann, A.M., & Schonet-Reichel. (2015). Measuring kindness at school:

Psychometric properties of a school kindness sclae for children and adolescents.

Psychology in the schools, 53, 111-126. doi: 10.1002/pits.21889

Cohn, M.A., Fredrickson, B.L., Stephanie, L.B., Mikels, J.A. & Conway, A.M. (2009).

Happiness unpacked: Positive emotions increase life satisfaction by building resilience.

Emotions, 9, 361-368. doi: 10.1037/a0015952

Colvin, H.M. & Taylor, R.M. (2012). Building a resilient workforce; Opportunities for

department of homeland security. Washington DC: The National Academic Press.

Gadermann, A. M., Guhn, M., Schonert-Reichl, K. A., Hymel, S., Thomson, K. & Hertzman, C.

(2016). A population-based study of children’s well-being and health: The relative

importance of social relationships, Health-Related Activities, and Income. Journal of

Happiness Studies, 17, 1847-1872. doi: 10.1007/s10902-015-9673-1

Istiqomah, N. (2016, Februari). Peran konselor dalam mengembangkan karier siswa Sekolah

Menengah Kejuruan (SMK) melalui kewirausahaan sebagai modal di era Masyarakat

Ekonomi Asean. Paper presented at Second Asean Seminar of Psychology and Humanity

Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia., Retreived from

http://mpsi.umm.ac.id/files/file/297%20-%20303%20NANDA%20ISTIQOMAH.pdf

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

(2016a). Konsep pembelajaran di sekolah menengah kejuruan. Retreived from

https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-

kejuruan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

(2016b). Pendidikan vokasi di indonesia cetak tenaga kerja siap pakai secara global.

Retreived from https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1950/majalah-jendela-pendidikan-

dan-kebudayaan-edisi-september

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

(2016c). Rencana strategis direktorat pembinaan SMK 2015-2019. Retreived from

https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1560/rencana-strategis-direktorat-pembinaan-smk

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

(2016d) START : Materi ajar bagi guru SMK untuk proses transisi dunia kerja. Retreived

from https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1631/start-materi-ajar-bagi-guru-smk-untuk-

proses-transisi-dunia-kerja

Konu, A. & Rimpela, M. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. Health Promotion

International, 17 (1), 79-87. doi: 10.1093/heapro/17.1.79

Leiter, M. P., (2005). Resilience at work. E-Journal of The Nova Scotia Psychologist, 16

(Winter) (3), 3. Retreived from http://www.apns.ca/documents/Winter2005.pdf

Martin, A.J., & Marsh, H.W. (2006), Academic resilience and its psychological and educational

correlates: A construct validity approach, Psychology in the Schools, 43 (3), 267-281,

doi: 10.1002/pits.20149