INTERVENSI SELF-REGULATION EMPOWERMENT PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA NON REGULER DI JURUSAN X UNIVERSITAS X
Main Article Content
Abstract
mengenai ciri-ciri individu yang mempunyai motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji beda 2 kelompok dengan kriteria statistik non parametrik yakni Mann-Whitney. Perhitungan dilakukan dengan membandingkan hasil data post-test motivasi berprestasi kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan perhitungan uji beda, didapatkan skor sig (2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya intervensi Self-Regulation Empowerment Program dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa non reguler Jurusan X, Universitas X.
Article Details
References
Andranita, M. (2013). Program intervensi self-regulation empowerment program untuk
meningkatkan regulasi diri pada siswa underachiever tipe coasting. Tesis tidak
diterbitkan, Magister Ilmu Psikologi, UNiversitas Tarumanagara, Jakarta.
Adzani, N. (2012). Hubungan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi Akademik. Skripsi tidak
dipublikasikan. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Alfiana, A, D. (2013). Regulasi diri pada mahasiswa ditinjau dari keikutsertaannya dalam
organisasi kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(02), 245 – 259.
Cleary, T. J. & Zimmerman, B. J. (2004). Self-regulation empowering program: A scholl-based
program to enchanceself-regulated and self-motivation Cycles of student learning.
Journal Psychology in school, 41(5), 537-550. DOI: 10.1002/pits.10177.
Cleary, T, J., Platten, P., & Nelson A (2008). Effectiveness of the self-regulation Empowerment
program with urban high school student. Journal of Advance Academic, 20(1), 70-107.
Feist, J & Feist, G.J. (2009). Theory of personality (7 ed). New York, NY: McGraw-Hill.
Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi olahraga prestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Haryani, R & Tarias, M. M. (2014).Motivasi berprestasi pada mahasiswa Berprestasi dari
ekluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan,
(1), 30-36.
Latipah, E. (2010). Self-regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal
Psikologi, 37(1), 110-129.
Lhay, H. A & Sarkeshikian, S. A. H. (2015). Motivational facets of self-regulated Learning: self-
efficacy as a predictor of resource management strategies In Iranian TEFL student.
Journal of scientific Research and Development, 2(5). 203-210.
Mc Clelland D. C.(1987). Human motivation. England: Cambridge University Press.
Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: Sintesis baru teori motivasi Berprestasi. Jurnal
Psikologi, 41(2), 218-228.
Puteri, R.R. (2013). Intervensi Self-Regulation Empowerment Program untuk meningkatkan
regulasi diri pada siswa underachiever tipe if-then students. Tesis tidak diterbitkan,
Magister Ilmu Psikologi, UNiversitas Indonesia, Depok.
Schunk, D, H. Pintrich, P, R & Meece, J, L. (2012). Motivasi dalam pendidikan teori, penelitian
dan aplikasi. (edisi ke-3). Tjo E (Penerj). Jakarta: Ind
Zimmerman, B.J. (2000). Attaiment of self-regulation: A social cognitive Perspective. IN M.
Boekaerts & PR pintrich & M Zeidner (Eds) Hand book of self-regulation 2
nd Ed.
Zimmerman, B.J. (2001). Theories of self-regulated learning and academic achievement: An
overview and analysis.