INTERVENSI SELF-REGULATION EMPOWERMENT PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA NON REGULER DI JURUSAN X UNIVERSITAS X

Main Article Content

Budi Sulaeman
Riana Sahrani
Sesilia Monika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada mahasiswa non reguler melalui SelfRegulation Empowerment Program (SREP). Subyek penelitian ini adalah 16 mahasiswa non reguler dari Jurusan X, Universitas X yang sedang menempuh jenjang semester 3. Subyek terbagi dalam dua kelompok yakni 8 mahasiswa pada kelompok eksperimen dan 8 mahasiswa lainnya pada kelompok kontrol dengan jumlah 6 perempuan dan 2 laki-laki pada masing-masing kelompok. Desain pada penelitian ini yakni kuasi eksperimen dengan desain pre-test-post-test non equivalent control group. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan alat ukur motivasi berprestasi yang dikembangkan berdasarkan teori McClelland
mengenai ciri-ciri individu yang mempunyai motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji beda 2 kelompok dengan kriteria statistik non parametrik yakni Mann-Whitney. Perhitungan dilakukan dengan membandingkan hasil data post-test motivasi berprestasi kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan perhitungan uji beda, didapatkan skor sig (2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya intervensi Self-Regulation Empowerment Program dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa non reguler Jurusan X, Universitas X.

Article Details

Section
Articles

References

Andranita, M. (2013). Program intervensi self-regulation empowerment program untuk

meningkatkan regulasi diri pada siswa underachiever tipe coasting. Tesis tidak

diterbitkan, Magister Ilmu Psikologi, UNiversitas Tarumanagara, Jakarta.

Adzani, N. (2012). Hubungan motivasi berprestasi dengan prokrastinasi Akademik. Skripsi tidak

dipublikasikan. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Alfiana, A, D. (2013). Regulasi diri pada mahasiswa ditinjau dari keikutsertaannya dalam

organisasi kemahasiswaan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(02), 245 – 259.

Cleary, T. J. & Zimmerman, B. J. (2004). Self-regulation empowering program: A scholl-based

program to enchanceself-regulated and self-motivation Cycles of student learning.

Journal Psychology in school, 41(5), 537-550. DOI: 10.1002/pits.10177.

Cleary, T, J., Platten, P., & Nelson A (2008). Effectiveness of the self-regulation Empowerment

program with urban high school student. Journal of Advance Academic, 20(1), 70-107.

Feist, J & Feist, G.J. (2009). Theory of personality (7 ed). New York, NY: McGraw-Hill.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi olahraga prestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Haryani, R & Tarias, M. M. (2014).Motivasi berprestasi pada mahasiswa Berprestasi dari

ekluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan,

(1), 30-36.

Latipah, E. (2010). Self-regulated learning dan prestasi belajar: kajian meta analisis. Jurnal

Psikologi, 37(1), 110-129.

Lhay, H. A & Sarkeshikian, S. A. H. (2015). Motivational facets of self-regulated Learning: self-

efficacy as a predictor of resource management strategies In Iranian TEFL student.

Journal of scientific Research and Development, 2(5). 203-210.

Mc Clelland D. C.(1987). Human motivation. England: Cambridge University Press.

Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: Sintesis baru teori motivasi Berprestasi. Jurnal

Psikologi, 41(2), 218-228.

Puteri, R.R. (2013). Intervensi Self-Regulation Empowerment Program untuk meningkatkan

regulasi diri pada siswa underachiever tipe if-then students. Tesis tidak diterbitkan,

Magister Ilmu Psikologi, UNiversitas Indonesia, Depok.

Schunk, D, H. Pintrich, P, R & Meece, J, L. (2012). Motivasi dalam pendidikan teori, penelitian

dan aplikasi. (edisi ke-3). Tjo E (Penerj). Jakarta: Ind

Zimmerman, B.J. (2000). Attaiment of self-regulation: A social cognitive Perspective. IN M.

Boekaerts & PR pintrich & M Zeidner (Eds) Hand book of self-regulation 2

nd Ed.

Zimmerman, B.J. (2001). Theories of self-regulated learning and academic achievement: An

overview and analysis.