TANGGAPAN PENONTON WISATA VIRTUAL VIDEO 360 DERAJAT DENGAN KOMPUTER DAN VR BOX

Main Article Content

Ruby Chrissandy

Abstract

Orang yang bekerja atau belajar secara daring di rumah karena pembatasan aktivitas akibat pademi COVID-19 membutuhkan liburan untuk mengusir rasa bosan. Wisata virtual dapat menggantikan aktivitas liburan. Teknologi video 360 digunakan untuk kegiatan pelestarian situs warisan budaya dan wisata virtual. Teknologi video 360 dapat ditonton dengan Head Mounted Display (HMD), VR Box dan komputer. Beberapa penelitian mengungkap efek motion sickness saat menonton video 360 dengan HMDs. Bagaimana respon penonton terhadap materi video 360? Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan respon penonton terhadap teknis videonya, kelebihan dan kekurangan media penyaji dan ketertarikan penonton untuk berwisata lewat video 360. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan riset empiris. Pengambilan data lewat focus discussion grup (FGD). Peserta FGD yaitu peminat teknologi video. Tujuan penggunaan metodologi pengamatan empiris untuk mendapatkan informasi yang mendalam terhadap respon penonton video tersebut. Pada riset ini pengetahuan atau wawasan yang ingin didapatkan adalah respon penonton video 360 wisata virtual. Hasilnya respon penonton terhadap alat untuk menonton video 360 memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi penggunaan. Media video statis membuat bosan penonton dapat diperbaiki dengan meningkatkan kualitas gambar memerlukan resolusi video yang tinggi dan tingkat brightness, contrast, saturasi yang baik agar penonton merasa nyaman. Pengambilan gambar dari perspektif orang pertama, agar penonton merasakan suasana jalan-jalan di dalam museum.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ruby Chrissandy, Universitas Tarumanagara

asistant professor at Fakultas Seni Rupa dan Desain, program studi Desain Komunikasi Visual

References

Belenioti, Z. C., & Vassiliadis, C. A. (2017). Branding in the New Museum Era. In P. Kavoura, A ; Sakas, D; Tomaras (Ed.), Springer Proceedings in Business and Economics (pp. 115–121). Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-33865-1_14

Chiudioni, D. (2018). Comparing VR, AR And 360° Video: What Is Most Effective For Skills Training? https://pixogroup.com/vr-ar-360-video-skills-training/

Genoways, Hugh H ; Andrei, M. A. (2016). Museum Origin: Reading in Early Museum History and Philosophy (M. A. Genoways, Hugh H; Andrei (Ed.)). Routledge.

Greengard, S. (2019). Virtual Reality. MIT Press.

International Council of Museums. (2012). Museum Definition. Icom.Museum. http://icom.museum/the-vision/museum-definition/

Latham, Kiersten F; Simmons, J. E. (2014). Foundations of Museum Studies: Evolving Systems of Knowledge. Libraries Unlimited.

Merriam-Webster. (n.d.). Virtual Reality. Merriam Webster. Retrieved September 28, 2021, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/virtual reality

Patten, M. L. (2017). Proposing Empirical Research A Guide to the Fundamentals Fifth Edition. Routledge.

Ramsey, E. (2017). Virtual Wolverhampton: Recreating The Historic City in Virtual Reality. International Journal of Architectural Research: ArchNet-IJAR, 11(3), 42–57. https://doi.org/10.26687/archnet-ijar.v11i3.1395

Schütze, Stephan; Schütze, A. I. (2018). New Realities In Audio A Practical Guide for VR, AR, MR and 360 Video. CRC Press.

Serrano, A., Kim, I., Chen, Z., DiVerdi, S., Gutierrez, D., Hertzmann, A., & Masia, B. (2019). Motion parallax for 360° RGBD video. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 25(5), 1817–1827. https://doi.org/10.1109/TVCG.2019.2898757

?wierczy?ska-Kaczor, U., ?elazowska, M., Kotli?ska, M., & Wachowicz, J. (2019). Online interactive storytelling: Evaluation of the viewer experience of 360-degree videos. Journal of Economics and Management, 36(2), 105–122. https://doi.org/10.22367/jem.2019.36.06

Szita, K., Gander, P., & Wallstén, D. (2021). The Effects of Cinematic Virtual Reality on Viewing Experience and the Recollection of Narrative Elements. PRESENCE: Virtual and Augmented Reality, 27(4), 410–425. https://doi.org/10.1162/pres_a_00338

UNESCO. (2006). A Virtual Tour of World Heritage Sites. https://whc.unesco.org/en/news/280

Wen, Chih Lo; Ching, Ling Fan; Lee, Jean; Chun, Ying Huang; Kuan, Ta Chen; Cheng, H. H. (2017). 360o Video Viewing Dataset in Head-Mounted Virtual Reality. MMSys’17: Multimedia System Conference 2017 Taipei Taiwan, 211–216. https://doi.org/10.1145/3083187.3083219