SELF AWARENESS DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Main Article Content

Ardhito Faza Akhnaf
Resdiyanti Permata Putri
Aqsa Vaca
Novita Putri Hidayat
Rizka Iznania Az-Zahra
Ahmad Rusdi

Abstract

Kecemasan yang dialami mahasiswa tingkat akhir sebagian berada pada kategori berat hingga sangat berat. Kecemasan tersebut akan menimbulkan gejala fisik maupun gejala kognitif yang mempengaruhi performa pada mahasiswa tingkat akhir. Self awareness membuat seseorang menyadari perasaan cemas yang dimiliki dan menentukan langkah yang diambil kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self awareness terhadap kecemasan mahasiswa yang berada pada tingkat akhir. Subjek penelitian dilakukan pada 49 mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa korelasional. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa skala skala self awareness yang disusun dari penelitian yang dilakukan oleh Nugraheni (2015) dan skala kecemasan dari skala Depression Anxiety Stres Scale (DASS), yang disusun oleh Lovibond dan Lovibond (1995) dan telah diterjemahkan oleh Damanik (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self awareness diketahui memiliki korelasi negatif yang signifikan terhadap kecemasan mahasiswa tingkat akhir (p < 0.05). Self awareness memiliki sumbangan sebesar 10,1% terhadap kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir. Berdasarkan analisis tambahan dalam penelitian ini, ditemukan bahwa dimensi self awareness yang berkorelasi negatif secara signifikan dengan kecemasan adalah dimensi self confidence. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka diharapkan dapat menjadi referensi keilmuan terkait solusi atas permasalahan kecemasan pada mahasiswa tingkat akhir.

Article Details

Section
Articles

References

Aiman, U. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan pada mahasiswa psikologi semester VI (enam) yang akan menghadapi skripsi (Skripsi). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Akbar, M. D., & Mujab M. A. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMAN 2 Mataram (Skripsi). Universitas Diponegoro.

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (5th ed). APA Press.

Arabsarhangi, M., & Noroozi, L. (2014). The relationship between self-awareness and learners’ performance on different reading comprehension test types among Iranian EFL elementary learners. Theory and Practice in Language Studies, 4(4), 675-685. 10.4304/TPLS.4.4.675-685.

Ashley, G. C, Palmon R. R. (2012). Self-awareness and the evolution of leaders: The need for a better measure of self-awareness. Journal of Behavioral and Applied Management, 14(1), 2–17.

Azhari, T. R., & Mirza, M. (2017). Hubungan regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Syiah Kuala. MEDIAPSI, 2(2), 23-29. http://dx.doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.02.4.

Babanejad, M., Ghanami, F., & Soleimani, S. (2015). The role of self-awareness and emotion regulation in students’ controlling anxiety. Fa?ln?mah-i Farhang Mushavirah va Rav?n/Darm?n?, 5(20), 113–124.

Blume, B. D., Baldwin, T. T., & Ryan, K. C. (2013). Communication apprehension: A barrier to students leadership, adaptability, and multicultural appreciation. Academy of Management Learning & Education, 12(2), 158-172. https://doi.org/10.5465/amle.2011.0127.

Canadian Mental Health Association. (2015). What’s the difference between anxiety and an anxiety disorder? Diakses pada tanggal 17 Maret 2020 dari https://www.heretohelp.bc.ca/q-and-a/whats-the-difference-between-anxiety-and-ananxiety-disorder.

Carver, C. S., & Ganellen, R. J. (1983). Depression and components of self-punitiveness: High standards, self-criticism, and overgeneralization. Journal of Abnormal Psychology, 92, 330-337.

Cejudo, J., Rodrigo-Ruiz, D., López-Delgado, M. L., & Losada, L. (2018). Emotional intelligence and its relationship with levels of social anxiety and stress in adolescents. International journal of environmental research and public health, 15(6), 1073. https://doi.org/10.3390/ijerph15061073.

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 3(1), 67-82. https://doi.org/10.33541/Jsvol2iss1pp1

Damanik, E. D. (2011). The measurement of reliability, validity, items analysis and normative data of Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia.

Destarica, T. (2019). Kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Fatah. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4502.

Diah, D. N., Lubis, F. Y., & Witriani, W. (2020). Efek Moderasi Resiliensi terhadap Hubungan antara Perfeksionisme dengan Kecemasan Mengerjakan Skripsi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(2). https://doi.org/10.22146/gamajop.55349

Dimenggo, D., & Yendi, F. M. (2021). The correlation between self-confidence and anxiety in encounter the work environment of final semester students. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 55-60. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo

Eckland, N. S., & Berenbaum, H. (2021). Emotional awareness in daily life: Exploring its potential role in repetitive thinking and healthy coping. Behavior Therapy, 52(2), 338-349. https://doi.org/10.1016/j.beth.2020.04.010.

Ellis, A. (1962). Reason and emotion in psychotherapy. Stuart.

Fernandez-Berrocal, P., Alcaide, R., Extremera, N., & Pizarro, D. (2006). The role of emotional intelligence in anxiety and depression among adolescents. Individual Differences Research, 4(1).

Fikry, T. R., & Khairani, M. (2017). Kecerdasan emosional dan kecemasan mahasiswa bimbingan skripsi di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 108-115.

Goleman, D. (2016). Kecerdasan emosional. Penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Hartono, D. R. (2012). Pengaruh Self-efficacy (efikasi diri) terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (Skripsi). Universitas Sebelas Maret.

Hastuti, R. Y., Sukandar, A., & Nurhayati, T. (2016). Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa yang menyusun skripsi di stikes muhammadiyah klaten. MOTORIK Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(22).

http://ukitoraja.ac.id/journals/index.php/jkip/article/view/151

Killian, K. D. (2012). Development and validation of the emotional self?awareness questionnaire: A measure of emotional intelligence. Journal of Marital and Family Therapy, 38(3), 502-514. https://doi.org/10.1111/j.1752-0606.2011.00233.x.

Kristanto, P. H., Pm, S., & Setyorini (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menyusun proposal skripsi. Satya Widya, 30(1), 43-48.

Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995). The structure of negative emotional state: Comparison of Depression Anxiety Stress Scale (DASS) with the Beck Depression and Anxiety Inventories. Behavior Research Theory, 33(3).

Marjan, F., Sano, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa bimbingan dan konseling dalam menyusun skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005.

May, R. (1967). Psychology and the human dilemma. Van Nostrand Renhold.

Mirah, F. F. E., & Indianti, W. (2018). Pengaruh kecemasan karir terhadap commitment to career choice dengan kelekatan orang tua sebagai moderator. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 74-89. https://doi.org/10.17509/insight.v2i1.11947.

Nevid, J.S., Rathus, S.A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal edisi ke lima jilid 1. Erlangga.

Novia, S., & Irawati, W. (2020). Pengaruh career exploration terhadap career indecision yang dimediasi career anxiety mahasiswa diploma III Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(1), 136-151. https://doi.org/10.24815/jimen.v5i1.14229.

Nugraheni, Y. 2014. Hubungan antara self awareness dan communication apprehension pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sanata Dharma (Skripsi). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Nugroho, F. W., & Karyono, K. (2014). Hubungan antara hardiness dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Empati, 3(3), 76-84.

Ormrod, J. E. (2016). Human Learning (7th Edition). Pearson.

Putri, D. A., & Gunatirin, E. Y. (2020). Mindful-Based Cognitive Therapy (MBCT) dan self-awareness untuk menurunkan kecemasan ibu hamil primipara. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(1), 1-24. https://doi.org/10.33367/psi.v5i1.878.

Putri, H. M., & Febriyanti, D. A. (2020). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(5), 375-383.

Richards, K., Campenni, C., & Muse-Burke, J. (2010). Self-care and well-being in mental health professionals: The mediating effects of self-awareness and mindfulness. Journal of Mental Health Counseling, 32(3), 247-264. https://doi.org/10.17744/mehc.32.3.0n31v88304423806.

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Rumintang, A., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap tingkat kecemasan pada dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 77-92. https://doi.org/10.24843/JPU.2020.v07.i02.p08.

Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kecemasan menyusun skripsi pada mahasiswa keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7.

Sari, D. Y., & Astuti, T. P. (2015). Kecemasan dalam menghadapi dunia kerja ditinjau dari konsep diri pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal EMPATI, 3(4), 131-142.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh konsep diri, minat dan inteligensi terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah metode pengembangan kemampuan bahasa anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34. https://dx.doi.org/10.30596%2Fintiqad.v9i2.1380.

Sihaloho, R. P. (2019). Hubungan antara self awareness dengan deindividuasi pada mahasiswa pelaku hate speech. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 114-123. https://dx.doi.org/10.36312/jime.v5i2.795.

Silvia, P. J., & O'Brien, M. E. (2004). Self awareness and constructive functioning: Revisiting “the human dilemma”. Journal of Social and Clinical Psychology, 23(4), 475-489. https://doi.org/10.1521/jscp.23.4.475.40307.

Silvia, P. J., & O'Brien, M. E. (2004). Self-awareness and constructive functioning: Revisiting “the human dilemma”. Journal of Social and Clinical Psychology, 23(4), 475-489. https://doi.org/10.1521/jscp.23.4.475.40307.

Solso, L.R., Maclin, H.O., & Maclin, K.M. (2008). Psikologi kognitif. Penerbit Erlangga.

Steven, J. S., & Howard, B. E. (2003). Ledakan EQ: 15 prinsip dasar kecerdasan emosional meraih sukses. Kaifa.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan psikologi proses pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Tandiseru, S. R. (2013). Meminimalisasi kecemasan (anxiety) dengan menumbuhkan self awareness siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2(1), 17-23.

Thomas, P. (2018). Peran kontrol diri dalam memediasi pengaruh motivasi berprestasi, perfeksionisme, dan kesulitan ekonomi terhadap prokrastinasi akademik (studi kasus pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi FE UNNES). Economic Education Analysis Journal, 7(1), 45-58.

Upadianti, L. P. S., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara adversity intelligence dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir departemen teknik perencanaan wilayah kota dan teknik elektro Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(3), 945-954.

Wahyuni, S. (2013). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa psikologi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4).

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Wasis: jurnal ilmiah pendidikan, 1(1), 14-18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707.

Wijayanti, L. N. (2021). Analisis permasalahan mahasiswa FKIP UMS dalam penyelesaian skripsi selama pandemi Covid-19 tahun akademik 2019/2020 (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Woodman, T., & Hardy, L. (2003). The relative impact of cognitive anxiety and self-con?dence upon sport performance: a meta-analysis. Journal of Sports Sciences, 21(6), 443-457. https://doi.org/10.1080/0264041031000101809

Yunita, E. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa semester akhir universitas muhammadiyah Surakarta (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.