ANALISIS VISUAL KARAKTER HERO DENGAN SKIN LEGEND PADA “MOBILE LEGENDS:BANG BANG”

Main Article Content

Asrullah Ahmad
Martinus Eko Prasetyo
Stephani Inesia Linando

Abstract

ABSTRACT

Mobile Legends: Bang-Bang has become successful games that has stayed in the top rate category in mobile gaming industry. The success of this game is based on the good preparation and execution in every line. One of the features that can be maximized by Moonton as Mobile Legends’ publisher is skin hero feature. Skin hero is successfully made as commercial asset in the profitable game. In fact that there are several players ready to spend millions of Indonesian Rupiahs to get the rare skin. Rare skin, by definition is hard to get and visually pleasing to the eyes from the perspective of illustration, animation and action effect in the game. Skin Hero that has that kind if rarity and greatness is considered as legendary tier. Only seven from hundreds of heroes in the game own this rare skin. To study the concept and the structure applied by Moonton in designing the visual of skin legend, this research analyzes the character visual of the skin legend using descriptive qualitative method and character design study developed by Hiroyoshi Tsukamoto which is Manga Matrix. This research applies a character design method to break down the character visual in the fame and in doing so, this research finds that hero character and skin legend have their several benefits from composition, shape, costumes and personality that are well made. In conclusion, this research can be useful to give recommendations for game developers to use Manga Matrix as an alternative strategies to design game character.

 

Keywords: Game, Mobile Legends, Manga Matrix, Character Design

 

ABSTRAK

Mobile Legends: Bang-Bang menjadi game yang terbilang sukses dan sama sekali belum beranjak dari kategori top rate dalam platform perangkat mobile. Kesuksesan dari game ini tentu didasari pada kesiapan dan eksekusi matang di segala lini. Salah satu fitur yang bisa dimaksimalkan moonton selaku publisher game ini adalah fitur skin hero. Skin hero berhasil dijadikan sebagai asset komersil dalam game yang tentunya menghasilkan keuntungan besar, faktanya beberapa kalangan pemain yang rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk memperoleh skin yang mereka anggap langka, visual ilustrasi yang menarik, animasi dan efek action dalam gamenya. skin hero yang memiliki kedigdayaan tersebut adalah skin hero dalam tier legend. Skin ini hanya dimiliki oleh tujuh dari serratus enam hero yang ada dalam game. Dalam rangka untuk mempelajari struktur konsep yang diterapkan oleh Moonton dalam merancang visual dari karakter hero dengan skin legend, pada penelitian ini dilakukan analisis visual karakter dengan skin legend menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan pendekatan desain karakter yang dikembangkan oleh Hiroyoshi Tsukamoto yaitu Manga Matriks. Penelitian ini telah telah menerapkan sebuah metode perancangan karakter untuk mengurai sebuah visual karakter game dan menemukan bahwa visual karakter hero dengan skin legend memang memiliki kelebihan tersendiri secara komposisi visual bentuk, kostum dan personality yang cukup terkonsep dengan baik, maka wajar saja jika skin legend pada game mobile legends sangat digemari. Atas dasar hasil tersebut Penelitian ini juga memberikan Rekomendasi  pada game developer untuk menggunakan manga matrix sebagai salah satu strategi alternatif dalam merancang karakter game.

 

Kata kunci: Game, Mobile legends, Manga Matriks, Desain Karakter

Article Details

Section
Articles

References

Gunalan, S. & Hasbullah. (2020). Analisis Pemaknaan Semiotika Pada Karya Iklan Layanan Masyarakat. Jurnal Nawala Visual, 2 (2), 44-51.

Putra, R.W. & Muhdaliha, B. (2017). Analisis Visual Game Arena of Valor Sebagai Dasar Pengembangan Konsep Visual Game. Jurnal Avant Garde 5 (2), 98-113.

Latifah, U. & Kristiana, N. (2021). Analisis Visual Karakter Gatot Kaca Dalam Game Mobile Legends Bang Bangs. Visualita: Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 9 (2), 241-255.

Putra, R.W. & Annisa, J. (2020). Analisis Komunikasi Budaya Dalam Bentuk Visualisasi Pada Karakter Game Mobile Legends. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4 (1), 30-38.

Putra, R.W. & Ruslan, A. (2016). Kajian Transformasi Visual Desain Karakter Bulbasaur Pada Game Pokemon Go Generasi I. Jurnal Avant Garde, 4 (2), 50-72.

Tsukamoto, H. (2006). Manga Matrix: Create Unique Characters Using the Japanese Matrix System. Collins Design, USA.

Valentina, E. & Sari, W.P. (2018). Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Jurnal Koneksi, 2 (2), 300-306.