EFEKTIVITAS PSIKOTERAPI POSITIF KELOMPOK DALAM MENURUNKAN SELF-STIGMA PADA PENGIDAP GAGAP DI INDONESIA

Main Article Content

Louis S. Vigar
Riana Sahrani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intervensi Psikoterapi Kelompok Positif berpengaruh terhadap penurunan self-stigma pada penderita gagap di Indonesia. Self-stigma adalah suatu kepercayaan seseorang terhadap pandangan atau stigma negatif yang beredar di masyarakat.  Proses pembentukan self-stigma dapat terjadi melalui stereotipe ataupun diskriminasi terhadap kekurangan diri secara langsung atau tidak langsung. Sementara itu, Psikoterapi Positif adalah suatu pendekatan terapi psikologis yang berfokus kepada aktualisasi kekuatan positif di dalam diri, dengan tujuan untuk mengurangi gejala negatif psikologis. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group. Jumlah partisipan adalah 5 orang pada masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol. Partisipan pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah mann-whitney u test terhadap gain score yang didapatkan dari selisih antara pretest-posttest. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara selisih penurunan self-stigma pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi Psikoterapi Positif Kelompok dengan nilai asymp. sig. (2-tailed) yaitu sebesar .036 (p < 0.05). Jadi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Psikoterapi Positif Kelompok memiliki pengaruh terhadap penurunan self-stigma pada pengidap gagap di Indonesia.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Riana Sahrani, Universitas Tarumanagara

Faculty of Psychology

References

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Washington, DC: Author.

American Speech-Language-Hearing Association (n.d.). Definition of communication. Retrieved from: https://www.asha.org/NJC/Definition-of-Communication-and-Appropriate-Targets/

Ayuningtyas, R. (2019). Penyandang disabilitas melawan stigma negatif. Retrieved from: https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4114479/penyandang-disabilitas-melawan-stigma-negatif

Boyle, M.P. (2013). Assessment of Stigma Associated With Stuttering: Development and Evaluation of the Self Stigma of Stuttering Scale (4S). Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 56, 1517-1529

Boyle, M. P. (2015). Identifying correlates of self-stigma in adults who stutter: Further establishing the construct validity of the Self-stigma of Stuttering Scale (4S). Journal of Fluency Disorders, 43, 17–27.

Boyle, M. P., & Fearon, A. N. (2018). Self-stigma and its associations with stress, physical health, and health care satisfaction in adults who stutter. Journal of Fluency Disorders, 56, 112–121.

Bos, A. E. R., Pryor, J. B., Reeder, G. D., Stutterheim, S. E. (2013). Stigma: advances in theory and research. Basic and Applied Soial Psychology 35 (1), 1-9

Businesstopia. (2018, Januari 6). Psychological Barriers to Communication. Retrieved from https://www.businesstopia.net/communication/psychological-barriers

Cresswell, J. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Boston: Pearson Education Inc.

Crocker, L., & Algina, J. (2008). Introduction to Classical and Modern Test Theory. Ohio, USA: Cengage Learning Pub.

D’raven, L. L., Zaidi, N. P. (2014). Positive psychology interventions: a review for counselling practitioners. Canadian Journal of Counselling and Psychotherapy 48 (4), 383-408.

Heine, S. J. (2016). Cultural Psychology. NY: Norton

Ishom, M. (2017). Menggagas perlindungan bagi orang gagap di indonesia. Retrieved from: https://www.nu.or.id/post/read/83787/menggagas-perlindungan-bagi-orang-gagap-di-indonesia

Mager, D. (2017). The 4 Primary Principles of Communication. Retrieved from https://www.psychologytoday.com/us/blog/some-assembly-required/201702/the-4-primary-principles-communication

Parks, A. C., Schueller, S. M. (2014). Handbook of positive psychological interventions. UK : Willey Blackwell.

Pontoh, E. (2019). Stigma, Glorifikasi, dan Self-Diagnosis. Retrieved from https://www.kompasiana.com/edgarjeremy/5dc98c18097f361ea13b4912/kesehatan-mental-dalam-ruang-publik-stigma-glorifikasi-self-diagnosis?page=2

Rashid, T. (2014). Positive Psychotherapy: a strength-based approach. The Journal of Positive Psychology, 10 (1), 25-40

Rashid, T., & Seligman, P. M. (2018). Positive Psychotherapy: Clinician Manual. Oxford University Press.

Seniati, L., Yulianto, A., Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen. JKT: PT Indeks.

The Stuttering Foundation. (n.d.). Famous people who stutter. Retrieved from: https://www.stutteringhelp.org/famouspeople

The Stuttering Foundation. (n.d.). Prevalence. Retrieved from: https://www.stutteringhelp.org/prevalence

Waqas, A., Malik, S., Fida, A., Abbas, N., Mian, N., Miryala, S., Amray, A. N., Shah, Z., & Naveed, S. (2020). Interventions to Reduce Stigma Related to Mental Illnesses in Educational Institutes: a Systematic Review. Psychiatric Quarterly, 91(3), 887–903. https://doi.org/10.1007/s11126-020-09751-4

Wood, A. M., Johnson, J. (2016). The wiley handbook of positive clinical psychology. UK : Willey Blackwell.