FAKTOR INTERNAL SEBAGAI PENENTU NIAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA

Main Article Content

Oey Hannes Widjaya
Sanny Ekawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor penentu minat mahasiswa untuk berwirausaha. Dari kajian pustakaa terdapat beberpa faktor internal yang  menentukan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Penelitian dilakukan pada beberapa perguruan tinggi swasta yang memiliki konsentasi kewirausahaan yang terdapat di Jakarta. Sampel  dipilih dengan menggunakan  teknik purposive yang terdapat di  beberapa perguruan tinggi swasta pada mahasiswa fakultas ekonomi yang berkonsentrasi kewirausahaan. . Diteliti 300 mahasiswa  fakultas ekonomi yang terdapat di 10 lokasi perguruan tinggi di Jakata. Pengumpulan data diperoleh melaui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis faktor.

Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat tiga faktor yang dominan dari internal yang dominan bagi mahasiswa berminat melakukan wirausaha. Dengan demikian hasil penelitian dapat  memberikan kontribusi bagi perguruan tinggi khususnya membekali mahasiswa untuk melakukan wirausaha, dengan meningkatkan pembelajaran kewirausahanan diharapkan dapat menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha.

 Kata kunci: Faktor internal. Analisis faktor                     

Article Details

Section
Articles

References

Aritonang R. Lerbin R. (2007). Metode Penelitian Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

BPS (2014), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Provinsi, 1986 - 2015

Chu, H., Benzing, C. & McGee, C. (2007). Ghanaian and Kenyan Entrepreneurs : a comparative analysis of their motivatons, success characteristic and problems. Journal of Developmental Entrepreneurship.

Gerry. (2008). Tracking Student Entrepreneurial Potensial: Personal Attributes and the Propensity for Business Start-Ups after Graduation in a Portuguese University, International Research Journal Problems and Perspectives in Management. Volume:6.

Kuratko, Donald F. & Hodgetts, Richard M. (2007). Entrepreneurship: Theory, Process, Practise. 7th ed. (South - Western/Thomson publisher).

Nishanta, B.(2008). Influence of Personality Traits and Socio-demograhpic Background of Undergraduate Student on Motivation for Entrepreneurial Career : The Case of Srilanka. Paper was presented at the Euro-Asia Management Studies Association (EAMSA)

Conference, Japan.

Nurul. (2004). Entrepreneurial Intention among Indonesian and Norwegian Students. Journal of Enterprising Culture. Volume:21.

Priyanto, S. H. (2008) Di dalam Jiwa ada Jiwa: The Backbone and the Socil Contruction of Entrepreneurship. Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menunju Sukses, Edisi Revisi, Jakarta: Salemba Empat