STUDI PREFERENSI GENERASI Y DALAM MEMILIH HUNIAN DI JAKARTA BARAT

Main Article Content

Elzsa Nadiya

Abstract

Gen Y mendominasi demografi yang ada dengan jumlah populasi tertinggi dan dari life cycle pada posisi early adulthood dan midlife terlihat Gen Y mulai memasuki tahap akan memulai hidup baru seperti memasuki dunia kerja dan berkeluarga, mereka mulai mencari hunian bagi kehidupan baru mereka. Dengan populasi yang begitu besar mencari hunian, tentunya memberikan pengaruh signifikan terhadap pasar hunian, preferensi Gen Y dalam memilih hunian menjadi sangat penting.Masing-masing generasi memiliki karakteristik yang berbeda akibat masa kehidupan yang mereka jalani berbeda, karakteristik Gen Y yang dibesarkan oleh Gen X dan pengaruh perkembangan teknologi yang begitu pesat pada masa kehidupannya, hal tersebut mempengaruhi preferensi Gen Y yang terkait dengan pasar properti baik produk maupun cara pemasaannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini membatasi lingkup penelitian untuk wilayah Jakarta Barat.Mempelajari preferensi Gen Y dalam memilih hunian memberikan manfaat berupa ketersediaan produk properti yang tepat sasaran sehingga dapat memberikan hasil yang optimal baik bagi pengembang dalam menghasilkan produk properti maupun bagi Gen Y itu sendiri dalam memenuhi kebutuhkan hunian dan menjalani kehidupannya. Secara keseluruhan, preferensi Gen Y di Jakarta Barat adalah memilik hunain landed houses, namun keterbatan lahan di Jakarta Barat tidak memungkinkan hal tersebut, Gen Y harus beradaptasi untuk dapat tinggal di hunian vertikal. Mengetahui preferensi Gen Y terkait lokasi hunian sangat bermanfaat untuk pihak pengembang dalam mempersiapkan landbank, terjadi kecenderungan untuk tetap tinggal di pusat kota yaitu di kecamatan Grogol Petamburan, namun ada juga kecenderungan untuk pindah ke daerah suburban yaitu di daerah Serpong dan Tangerang.

Kata kunci: Preferensi, Gen Y, Hunian

Article Details

Section
Articles

References

Amstrong, T. (2008 ). The Human Odyssey: Navigating the Twelve Stage of Life . New York: Sterling.

Carey Kathleen, d. (2014). The Macro View on Micro Units. Washington D.C. : Urban Land Institute .

Florida, R. (2008). Who's Your City? Canada: Random House.

Fricylia, P. (2015, oktober 4). Jenis Hunian Yang Dikenal di Indonesia. Retrieved from urbanindo website: http://urbanindo.com/2015/10/jenis-jenis-hunian-yang-dikenal-diindonesia/

Globe, F. G. (1987). Psiokologi Humanistik Abraham Maslow . Kanisius.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian . Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jansen,STJ, dkk. . (2011). The Measurement and Analysis of Housing Preference. the Netherlands: Springer Science Business Media.

Kotler, Philip, dkk. (2003). Marketing Managemen An Asian Perspective. Third Edition. Singapore: Prentice Hall .

M. Leanne Lachman and Deborah L. Brett. (2011). Generation Y: America's New Housing Waves. Washington D.C. : Urban Land Institute.

M. Leanne Lachman and Deborah L. Brett. (2015). Gen Y and Housing: What They Want and Where They Want It. Washington D.C. : Urban Land Institute .

Marupang. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Permintaan Perumahan . Jejak Vol. 4 No. 2, 126.

McCrindle, Mark and Emily Wolfinger. (2011). the ABC of XYZ: Undrestanding the Global Generation. Sydney: University of New South Wales Press Ltd.

Moos, M. (2014). "Generationed" space: Societal Restructuring and Young Adults' Changing Residential Location Patterns . The Canadian Geographer, 11-33.

Moos, M. (2015). From Generation to Youthification? The Increasing Importance of Young Age in Delineating High-Density Living. Urban Studies Journal , 1-18.

Moos, Markus, dkk. (2015). Youthification: New Kids on The Block. Waterloo: University of Waterloo School of Planning.

Rapoport, A. (1980). Human Aspects of Urban Form (Towards a Man-Environment Approach to Urban Form and Design). Oxford: Pergamon Press.

Ross, L. (2014). Residential Futures II: Thought Provoking Idea's on What Next for Multigenerational Housing and Intergenerational Communities. Washington D.C.: Urban Land Institute.

Solomon, M. (2009). Consumer Behavior Buying, Having, and Being. New Jersey: Person EducationInc. .

Yuhui, T. (2012). A Study of Housing Aspiration and Social Interactions of China's Generation Y. Chong Qing: Department of Real Estate, National University of Singapore.