PENGARUH PENERAPAN SISTEM MODERNISASI ADMINISTRASI PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN PPN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI DKI JAKARTA

Main Article Content

Dessy Natalia Kumala Jaya

Abstract

Rendahnya kesadaran wajib pajak membayar dan melaporkan pajak telah menjadi masalah yang cukup penting bagi negara maju maupun berkembang dalam aspek pajak, Fakta menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak di Indonesia masih sangat rendah dibanding dengan negara lain di Asia. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat dilihat dan dikaji dari sisi kesadarannya melapor dan membayar pajak secara benar. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan mengkaji pengaruh penerapan sistem modernisasi administrasi pajak, kualitas pelayanan, dan pengetahuan pajak pertambahan nilai terhadap kepatuhan wajib pajak di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kausal, dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data primer dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada setiap individu – individu yang berkerja di perusahaan yang merupakan Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang berdomisili di provinsi DKI Jakarta. Hasil pengumpulan data primer tersebut diolah dengan menggunakan SmartPLS versi 3.2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem modernisasi administrasi pajak dan pengetahuan pajak pertambahan nilai berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan hubungan antara kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak adalah berpengaruh tidak signifikan.

 

The low awareness of taxpayers paying and reporting taxes has become an important issue for both developed and developing countries in the tax aspects. Facts show that taxpayer compliance rates in Indonesia are still very low compared to other countries in Asia. The low compliance of the taxpayer can be seen and reviewed from the side of his consciousness to report and pay taxes correctly.The purpose of this study was to examine and assess the effect of application of modernization system of tax administration, service quality, knowledge of value added tax on taxpayer compliance. The method used in this research is causative research. The data used in this study is the primary data. Data collection technique is done by collecting primary data in the form of questionnaires to individuals who work in taxable companies (PKP), domiciled in Jakarta. The primary data collection results were processed using SmartPLS version 3.2. The results of this study indicate that modernization system of tax administration and knowledge of value added tax have an influence on taxpayer compliance. While service quality have an insignificant effect on taxpayer compliance.

Article Details

Section
Articles

References

jzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, p. 179-211.

Arisma, Putri Eka. 2015. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan wajib Pajak Badan di kota Metro (Studi Kasus di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Metro).

Artiningsih. 2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Badan dan Pelayanan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Ary Kurniawan 2015 “Penerapan E-Faktur Pajak Terhadap Pengusaha Kena pajak di Kota Surabaya” Laporan Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Ayunda, Winda Putri, Nur Azlina, dan Azhari S. 2015. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pengetahuan Pajak, Sikap Wajib Pajak, Dan Tingkat Ekonomi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Dengan Kontrol Petugas Kelurahan Sebagai Variabel Moderating di Kota Pekanbaru. Jom FEKON. Vol. 2, No. 2. Oktober 2015.

Christin, Lena. 2017. Pengaruh Penerapan E-Faktur dan E-SPT Terhadap Kepatuhan Perpajakan Pengusaha Kena Pajak Dengan Kemampuan Menggunakan Internet Sebagai Variabel Moderating. ISSN: 2355-9993. Media Akuntansi Perpajakan. Vol.2, No.1, 2017, Hal 35-44.

Dharma, Gede Pani Esa dan Ketut Alit Suardana. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. ISSN: 2302-8556. Hal 340-353.

Ita Salsalina Lingga 2015 “Pengaruh Sosialisasi dan Penerapan E-Faktur PPN terhadap Persepsi Pengusaha Kena Pajak” Laporan Penelitian Fakultas Ekonomi Atma Jaya.

Ihsan, Muchsin. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Penyuluhan, Kualitas Pelayanan Pajak, dan Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kota Padang.

Rahayu, Sri dan Ita Salsalina Lingga. 2009. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi. Vol. 1, No 2, November 2015. Hal 119 – 138.

Sarunan, dan Widya K. 2015. Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasif Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dan Wajib Pajak Badan Pada Kantor Pelayanan

Pajak Pratama Manado. ISSN: 2303 – 1174. Jurnal EMBA. Vol. 3, No 4, 2015. Hal 518 – 526.

Suyapto, Mellisa dan Mienati Somya Lasmana. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Badan Di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Jurnal Ekonomi dan bisnis. No 2. Hal 174 – 186.

Utama, I Wayan Mustika. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. Hal 452– 470.

Utami, Tri, Siti Nurlaela dan Suhendro. 2017. Pengaruh Pengetahuan Tentang Penggunaan E- Billing, Kualitas Sistem, Kepatuhan Membayar Pajak, Terhadap Efektivitas Pelaporan Pajak. ISSN: 2337 - 4349. Seminar Nasional IENACO.

Tjiptono, Fandy, 1997. Prinsip – Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Andi Offset, Yogyakarta

Tologana, Evalin Yuanita dan Meily Kalalo. 2016. Pengaruh Penerapan Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Manado. Vol. 2, No 2.