COMMUNICATION STYLES IN PT XYZ

Main Article Content

Shelly Andelline

Abstract

Mengenal dan memahami gaya komunikasi sangat penting bagi seorang individu untuk mengembangkan keterampilan diri yang optimal. Dengan mengetahui dan memahami gaya komunikasi, seseorang dapat mengetahui kemampuan dan bakat mereka. Mereka akan tahu bagaimana meningkatkan hubungan interpersonal dalam berkomunikasi dalam organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis (a) Apa gaya komunikasi dominan yang digunakan berdasarkan level manajer, level supervisor dan level staf di PT XYZ? (B) Bagaimana meningkatkan hubungan interpersonal pada masing-masing Gaya Komunikasi? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Alat pengukur dalam bentuk kuesioner adalah skala likert. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini adalah karyawan Ho di PT XYZ. Gaya Komunikasi ditentukan oleh seberapa sering kita menggunakan dua elemen penting seperti umpan balik dan pengungkapan. Dalam penelitian ini akan dibahas 4 gaya yang biasanya digunakan dalam komunikasi, yaitu gaya tertutup, gaya buta, gaya tersembunyi dan gaya terbuka. Dari empat gaya komunikasi yang dibahas di atas, tidak ada gaya komunikasi yang baik atau buruk karena masing-masing memiliki sisi positif dan negatif.



Know and understand communication style is very important for an individual to develop their optimum self-skills. With knowing and understanding the communication style, someone could know their ability and talents. They will know how to improve interpersonal relationships in communicating in the organization. The purpose of this research is to know and analyze (a) What is the dominant communication style used based on manager level, supervisor level and staff level at PT XYZ? (b) How to improve interpersonal relationships on each Communication Style ? The method used in this research is by spreading questionnaire to the respondents. Instrument gauges in questionnaire form is likert scale. Sample involves for this research are the Ho employees in PT XYZ. Communication Style specified by how often we use two important element such as feedback and disclosure. In this research will discuss 4 styles usually used in communication, that is closed style, blind style, hidden style and open style. Of the four communication styles discussed above, there is no good or bad communication style because each have the positive and negative side.

Article Details

Section
Articles

References

Alvonco, Johnson. (2014). Pratical Communication Skill. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Daryanti. (2014). Teori Komunikasi. Penerbit: Gunung Samudera, Malang

Hamilton, Cheryl. (2011). Communicating for Results: A Guide for Business and the Professions, 9th ed. Boston: Wadsworth Cengage Learning

Keith Davis. (2009). Human Behavior at Work: Organizational Behavior. McGraw-Hill, New York.

Komala, Lukiati. (2009). Ilmu Komunikasi: Perspektif, Proses, dan Konteks. Widya Padjadjaran, Bandung

Nur Indiantoro & Bambang Supomo. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. BPFE, Yogyakarta.

Patricia, Obakpolo. (2015). “Improving Interpersonal Relationship in Workplaces”. IOSR Journal of Research & Method in Education. Educational administration, and policies studies, Delta State university Abraka delta state, Nigeria.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tirtawinata, Christofora Megawati. (2013). “Mengenal dan Menemukan Diri melalui Kebersamaan dengan Orang Lain”. Humaniora Vol.4 No 2. Binus University.