Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Jumlah Komite audit terhadap nilai perusahan

Main Article Content

rafika sari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengungkapan Corporate Social Responsibility dan jumlah komite audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Metode ini dipilih karena referensi menunjukan bahwa adanya kecocokan antara alat analisis dengan variabel yang diteliti.Sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan rumus solvin tingkat signifikan 5 persen sehingga jumlah sampel adalah 191 perusahaan yang diambil secara acak. Metode random sampling dipilih karena sesuai dengan metode analisis regresi berganda. Variabel Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel Komite Audit (AC) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel Kapitalisasi Pasar (SIZE) tidak  memoderasi hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan (PER). Variabel Kapitalisasi Pasar (SIZE) tidak memoderasi hubungan komite audit (AC) terhadap Nilai Perusahaan (PER).

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, D. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance, 2, 1–14.

Bayu, A. N., Putra, D., & Wirakusuma, M. G. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 2302–8556.

Carcello, J. V., & Neal, T. L. (2000). Audit committee composition and auditor reporting. The Accounting Review, 75(4), 453-467.

Cretu, A. E., & Brodie, R. J. (2007). The influence of brand image and company reputation where manufacturers market to small firms: A customer value perspective. Industrial Marketing Management, 36(2), 230-240.

DeFond, M. L. dan Jiambalvo, J. 1994. “Debt Convenant Violation and Manipulation of Accruals”. Journal of Accounting&Ecconomics 17, hal. 145—176.

Freeman, R. E., Wicks, A. C., & Parmar, B. (2004). Stakeholder theory and “the corporate objective revisited”. Organization science, 15(3), 364-369.

Goold, M., Campbell, A., & Alexander, M. (1994). Corporate-level strategy: Creating value in the multibusiness company. Wiley.

Gray, R., Kouhy, R., & Lavers, S. (1995). Corporate social and environmental reporting: a review of the literature and a longitudinal study of UK disclosure. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 8(2), 47-77.

Jones, P. and Comfort, D. 2005, “Corporate Social Responsibility and The UK’s Top Ten Retailers”, International Journal of Retail Distribution Management, Vol. 33 No. 12, pp.882-892.

Klein, A. (2002). Audit committee, board of director characteristics, and earnings management. Journal of accounting and economics, 33(3), 375-400.

Latupono, S. S., & Andayani, A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan: Good Corporate Governance Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(8).

Matten, D., & Moon, J. (2004). Corporate social responsibility. Journal of business Ethics, 54(4), 323-337.

McWilliams, A., & Siegel, D. (2000). Corporate social responsibility and financial performance: correlation or misspecification?. Strategic management journal, 21(5), 603-609.

Muliani, L. E., Yuniarta, G. A., AK, S., & SINARWATI, N. K. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responcibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 2(1).

Rahayu, S., Rahayu, S., & ANDRI, A. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Suaryana, A. (2005). Pengaruh komite audit terhadap kualitas laba. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis.

Tai, F. M., & Chuang, S. H. (2014). Corporate social responsibility. Ibusiness, 6(03), 117.