PENERAPAN METODE STAGE-GATE® PADA INOVASI PRODUK KOPI CELUP DENGAN PEMANIS STEVIA

Main Article Content

Andy Chandra
Judy Retti Witono

Abstract

Pengembangan produk baru (New Product Development) diperlukan untuk membuat product life cycle (PLC) yang berkesinambungan. Inovasi harus didukung oleh proses analisis kreatif mendalam agar produk dapat diterima saat diluncurkan ke pasar. Solusi yang ditawarkan adalah manajemen inovasi di perusahaan dalam bentuk co-creation dan breakthrough pada PLC produk yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Metode inovatif yang digunakan adalah metode Stage-Gate®, dimana evaluasi proyek dilakukan secara terukur dan bertahap untuk meminimalkan risiko peluncuran produk baru dari ketidakpastian dan membuat penggunaan sumber daya menjadi lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan metode Stage-Gate® pada inovasi produk kopi celup manis. Produk ini merupakan minuman kopi Arabika dengan pemanis alami yaitu gula Stevia. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pada setiap pengembangan produk baru, maupun diversifikasi produk yang telah ada, dapat dikembangkan melalui co-creation pada PLC dengan menerapkan metode Stage-Gate® termodifikasi yang dikombinasikan menggunakan perlengkapan lain seperti value proposition canvas dan business model canvas. Dari penerapan metode ini terlihat gambaran dari strategi bisnis yang terukur dan dapat dievaluasi secara bertahap. Pengembangan produk kopi celup manis ini juga dilakukan dengan penggunaan sumber daya yang minimal, yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari konsumen, serta telah memiliki pasar potensial sejak awal produk ditawarkan.

               

Kata kunci: Inovasi, PLC, Stage-Gate®, kopi celup, Stevia

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Andy Chandra, Parahyangan Catholic University

Chemical Engineering Department

Judy Retti Witono, Parahyangan Catholic University

Chemical Engineering Department

References

Abou-Arab, E.A. & Abu-Salem, F.M. (2010). “Evaluation of bioactive compounds of Stevia rebaudiana leaves and callus”. African Journal of Food Science. Vol. 4. 2010: 627–634.

Carakostas, M.C., Curry, L.L., Boileua, A.C., & Brusick, D.J. (2008). “Overview: The history, technical function and safety of rebaudioside A, a naturally occurring steviol glycoside, for use in food and beverages”. Food and Chemical Toxicology 46. 2008: S1–S10

Cooper R.G. (1994). “Perspective: Third-generation new product processes”. Journal Production Innovation Management. 1994(1): 3–14.

Cooper, R.G. (2003). “Stage-gate new product development processes: a game plan from idea to lunch”. The Portable MBA in Project Management. John Wiley & Sons. p. 309–346.

Cooper, R.G. (2011). Winning At New Products. 4th ed. Basic Books. New York, USA.

Gardien, P., Rincker, M., & Deckers, E. (2015). Innovating Innovation: Introducing the rapid cocreation approach to facilitate breakthrough innovation. 11th European Academy of Design Conference. 22-24 April 2015. Paris Descartes University. Perancis.

Geuns J.M.C. (2003). “Stevioside”. Phytochemistry 64. 2003: 913–921.

Guimarlies, L., Romero, F., & Medeiros H. (2014). The application of the lean innovation approach in the stage-gate model. 2nd International Conference on Project Evaluation. ICOPEV. Portugal. p. 109–113.

Hsieh, M.H., Chan, P., Sue, Y.M., Liu, J.C., Liang, T.H., Huang, T.Y., Tomlinson, B., Chow,M.S.S., Kao, P.F., & Chen, Y.J. (2003). “Efficacy and tolerability of oral Stevioside in patients with mild essential hypertension: a two-year, randomized, placebo-controlled study”. Clinical Therapeutics®.Vol. 25. No. 11. 2003: 2797–2808.

Kotler, P., Wong, V., Saunders, J., & Armstrong, G. (2005). Principles of Marketing. 4th European ed. Prentice Hall. Essex. England.

Orcik, A., Tekic, Z., & Anisic, Z. (2013). “Customer Co-Creation Throughout the Product Life Cycle”. International Journal of Industrial Engineering and Management. 4(1):43-49. ISSN 2217-2661.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey, USA.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey, USA.

Rukmana, R. (2014). Agribisnis Kopi. Lily Publisher. Indonesia.

Sharma, V. & Chattopadhya, D. (2007). “Stevia: Prospect as an Emerging Natural Sweetener”. Veena Sharma International Food Division. New Delhi. India.

Thomas, J.E. & Glade, M.J. (2010). “Stevia: It’s not just about calories”. The Open Obesity Journal 2. 2010:101–190.

Wuest, T., Liu, A., Lu, S.C.Y., & Thoben, K.D. (2014). “Application of the stage gate model in production supporting quality management”. Procedia CIRP. p. 32–37.