Penggunaan Brand Awareness sebagai Mediasi Antara Advertising dan Purchase Decision Produk Fashion Online

Main Article Content

Krismi Budi Sienatra

Abstract

Hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama dengan cara selalu aktif dalam melakukan promosi produk salah satunya dengan advertising. Sebagian besar perusahaan mengandalkan dan menggunakan advertising guna memperbesar peluang agar produk lebih dikenal secara luas sehingga dapat menciptakan sebuah brand awareness. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengeji pengaruh advertising terhadap keputusan pembelian produk fesyen online dengan merek ASTYLE dengan brand awareness sebagai variabel mediasi. Penelitian ini terdapat variabel bebas (Advertising), variabel terikat (Keputusan Pembelian) dan variabel mediasi (Brand Awareness). Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel 52 orang yang sudah pernah membeli produk fesyen online merek ASTYLE. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara langsung dengan teknik sampling yang digunakan adalah accidental

sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising berpengaruh signifikan terhadap brand awareness produk, advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk.

Article Details

How to Cite
Sienatra, K. B. (2020). Penggunaan Brand Awareness sebagai Mediasi Antara Advertising dan Purchase Decision Produk Fashion Online. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(6), 340–345. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i6.9047
Section
Articles

References

Ariprayugo, G., dan Santoso, S, B. (2016). Analisis Pengaruh Advertising dan Public Relations Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau (Studi pada Pengguna Produk Hijau The Body Shop Semarang), Diponegoro Journal of Management, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2016.

Bangun, B, T., dan Saputri, M, E. (2016). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Zalora Indonesia (The Effect of Advertising on Brand Awareness in Zalora Indonesia), Journal e-Proceeding of Management, Vol. 3, No. 2, Agustus 2016.

Bekraf. (2017). Data Statistik Dan Hasil Survey Ekonomi Kreatif.

Dwivedi, A., Johnson, L.W., & Mc Donald, R.E. (2015). Celebrity endorsement, self brand connection and consumer based brand equity. Journal of Product & Brand Management, 24(5), 449-461.

Iskandar, D, A., dan Sari, S, D, S, R. (2017). The Effect Of Event And Publicity Towards Brand Awareness On Financial Service Authority (OJK), Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, Vol. 2, S1, September 2017.

Manampiring, A, F., dan Trang, I. (2016). Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Mobil di PT. Astra Internasional TBK., Jurnal EMBA, Vol. 4, No.1, Maret 2016.

Mukaromah, T., dan Amboningtyas, D. (2017). Analysis of Bankruptcy Prediction Influenced of Firm Size with Profitability as an Intervening Variabel Used Altman Z-Score Model on Retail Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange Period 2012-2016, Journal of Management, Vol. 3, No. 3, 2017.

Nopriani, Artikel Ilmiah, Tahun 2016.

Novansa, H., dan Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products), Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 2, Iss.8, August 2017.

Oladepo, I. & Abimola, S. (2015). The Influence Of Brand Image And Promotional Mix On Consumer Buying Decision – A Study Of Beverage Consumer On Lagos State. British Journal of Marketing Studies, 3(4), 97-109

Putra, D, R, P., dan Rachmi, A. (2017). Pengaruh Periklanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pomade Timeless Deluxe di Gresik, Jurnal Aplikasi Bisnis, E-ISSN: 2407-5523, ISSN: 2407-3741, 2017.

Setiawati, M., dan Lumbantobing, R. (2017). Pengaruh Promosi dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato yang Dimediasi oleh Brand Awareness, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 12, No. 1, 2017.

Siregar, A, G, S., dan Widodo, A. (2018). Pengaruh Periklanan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Study Pada Konsumen Nasi Goreng Mafia di Kota Bandung), Journal e-Proceeding of Management, Vol. 5, No.1, Maret 2018.

Sunyoto, Danang. (2012). Model Analisis Jalur untuk Riset Ekonomi oleh Danang Sunyoto. Cet.1. Bandung: Yrama Widya, 2012.

Timpal, N., Lapian, S, L, H, V, J,. dan Rate, P, V. (2016). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Attiude Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia (Studi Kasus pada Siswa SMA dan SMK di Kota Manado), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16, No. 1, 2016.

Yunus, R.Y.A. (2015). Pengaruh Harga dan Celebrity Endorser terhadap proses Keputusan Pembelian Top Coffe. Jurnal Manajemen dan Riset Manajemen, 4(3), 1-6