Faktor yang memengaruhi kinerja karyawan: Peran mediasi organizational citizenship behavior

Main Article Content

Alwin Fajar Kurniawan
Keni

Abstract

A firm’s sustainability and growth are the results of its human resources’ performance, thereby increasing their performance plays a vital role in improving a firm’s profitability. Hence, this research aims to investigate the impact of emotional intelligence and gratitude on employee performance, as well as the mediating role of organizational citizenship behavior (OCB). This research selected the sample by using the snowball sampling method and collected data from 100 respondents. The data was collected by using an online questionnaire and was analyzed by utilizing the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. This research concluded that emotional intelligence and gratitude have a positive and significant impact on employee performance and OCB. However, OCB doesn’t have any significant impact on employee performance and it doesn’t mediate the impact of emotional intelligence and gratitude on employee performance.


Keberlangsungan dan pertumbuhan perusahaan merupakan hasil dari kinerja sumber daya manusianya, sehingga meningkatkan kinerja tersebut berperan penting dalam mengembangkan profitabilitas perusahaan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kecerdasan emosional dan rasa bersyukur terhadap kinerja karyawan, serta peran mediasi organizational citizenship behavior (OCB). Penelitian ini memilih sampel dengan metode snowball sampling dan data diperoleh dari 100 responden. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan kuesioner secara online dan dianalisis dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan rasa bersyukur berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan OCB. Namun, OCB tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan OCB tidak dapat memediasi pengaruh kecerdasan emosional dan rasa bersyukur terhadap kinerja karyawan.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. F., & Keni, K. (2024). Faktor yang memengaruhi kinerja karyawan: Peran mediasi organizational citizenship behavior. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(3), 681–694. https://doi.org/10.24912/jmbk.v8i3.30243
Section
Articles
Author Biographies

Alwin Fajar Kurniawan, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Keni, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa syukur kaitannya dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar. Proyeksi, 13(2), 109–122. https://doi.org/10.30659/jp.13.2.109-122

Akmal, & Masyhuri. (2018). Konsep syukur (Gratefulnes) (Kajian empiris makna syukur bagi guru Pon-Pes Daarunnahdhah Thawalib Bangkinang Seberang, Kampar, Riau). Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7(2), 1–22. https://doi.org/10.36668/jal.v7i2.86

Aziza, N., & Andriany, L. M. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap kinerja perawat dengan organizational citizenship behaviour sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen dan Profesional, 1(1), 50–65. https://doi.org/10.32815/jpro.v1i01.344

Bacal, R. (2011). Performance management (2nd ed.). McGraw-Hill.

Bintoro, & Daryanto. (2017). Manajemen penilaian kinerja karyawan. Gava Media.

Cortini, M., Converso, D., Galanti, T., Di Fiore, T., Di Domenico, A., & Fantinelli, S. (2019). Gratitude at work works! A mix-method study on different dimensions of gratitude, job satisfaction, and job performance. Sustainability (Switzerland), 11(14), 3902. https://doi.org/10.3390/su11143902

Djatmiko, H., & Ramli, S. (2022). Peran organizational citizenship behavior sebagai mediasi dalam meningkatkan kinerja organisasi PT. PJB UBJO dan M PLTU Indramayu. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(11), 15865–15885. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i11.10020

Fatmawati, I. K., & Indawati, N. (2020). Peran organizational citizenship behavior sebagai variabel mediasi pengaruh emotional intelligence terhadap kinerja di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1445–1454. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1445-1454

Fauziyyah, A., & Luzvinda, L. (2019). Effect of job satisfaction and gratitude on organizational citizenship behavior. TAZKIYA: Journal of Psychology, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.15408/tazkiya.v22i1.8145

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2005). Emotional intelligence (10th ed.). Bantam Books.

Goleman, D. (2015). Emotional intelligence: Kecerdasan emosional: Mengapa EI lebih penting dari pada IQ (T. Hermaya (trans.); 1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, A., & Pristika, A. Y. (2020). The influence of organizational citizenship behavior, continuance commitment, emotional intelligence, and spirituality on performance. Proceedings of the 17th International Symposium on Management (INSYMA 2020), 115, 80–84. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200127.016

Hartatik, M. D., & Fauzan, M. (2019). Pengaruh modal sosial dan kecerdasan eosional terhadap kinerja guru dimediasi perilaku kewargaan organisasional (Studi kasus guru SMP Negeri di Kecamatan Juwana). Telaah Manajemen, 16(1), 35–44. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe5/article/view/7875

Hasanati, N., & Anisa, S. A. (2023). The role of gratitude for organizational citizenship behavior (OCB) in employees. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 15(1), 11–21. https://doi.org/10.31289/analitika.v15i1.8391

Hedrian, A., & Anggawira, A. (2023). Kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan PT. Indomarco Adi Prima Padang. Psyche 165 Journal, 16(1), 20–25. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v16i1.216

Hidayah, S., & Harnoto. (2018). Role of organizational citizenship behavior (OCB), perception of justice and job satisfaction on employee performance. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 170–178. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i2.14191

Lukito, R. (2020). Pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada produksi PVC di UD. Untung Jaya Sidoarjo. AGORA, 8(2), 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/10599

Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Donal Mon, & Jennifer. (2022). Analisis pengaruh kecerdasan emosional, motivasi dan keadilan organisasi terhadap kinerja karyawan dengan organizational citizenship sebagai variabel mediasi. Jurnal Mirai Manajemen, 7(1), 113–126. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1536

Mustajab, D. (2022). Pengaruh person-organization fit, etos kerja islami dan kepemimpinan islami terhadap kinerja karyawan dengan organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel mediasi (Studi pada PT. Bank Muamalat di Purwokerto) [Thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifudidin Zuhri]. https://repository.uinsaizu.ac.id/17267/

Putra, A. P., Mujanah, S., & Susanti, N. (2022). Pengaruh self awareness, etos kerja, resiliensi, terhadap organization citizenship behavior (OCB) dan kinerja tenaga kependidikan di perguruan tinggi swasta Surabaya. Media Mahardhika, 20(2), 311–321. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i2.397

Ramadhana, G. I., & Ratnawati, I. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan dengan komitmen afektif sebagai variabel intervening (Studi pada kantor PT Bess Finance Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(4), 1–22. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Citra Media Nusantara.

Rosita, S. (2019). Kontrak psikologis dalam meningkatkan perilaku warga organisasi dengan sikap kerja sebagai mediator. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 14(1), 105–122. https://doi.org/10.19166/derema.v14i1.1303

Situmorang, R. D., Sihombing, T., Siregar, M. R. I., Musjamiri, Samudra, W., Supriadi, & Nasution, I. (2023). Pengaruh kompetensi, kecerdasan emosional dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai badan pengelolaan keuangan,pendapatan dan aset. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 675–686. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.721

Subramanian R., B., Bhattacharya, S., & Thakur, M. (2022). Job crafting, performance, and the mediating role of gratitude: A study among the sales service personnel of tourist industry, India. ASEAN Journal on Hospitality and Tourism, 20(2), 53–66. https://doi.org/10.5614/ajht.2022.20.2.04

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suswati, E., Alhasani, I., & Wahyono, G. B. (2021). Pengaruh kompetensi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai melalui organizational citizenship behaviour (OCB) sebagai mediasi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 1106–1120. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i9.206

Suwandewi, M., & Trianasari. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada dinas kebudayaan Kabupaten Buleleng. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 16–23. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/32169

Suwandewi, N. K. N., & Dewi, I. G. A. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan organisasional terhadap organizational citizenship behavior. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(6), 3958–3985. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/20258

Triani, F., Halin, H., & Wadud, M. (2020). Effect of organizational citizenship behavior on employee performance at PT Surya Dermato Medica Palembang. International Journal of Community Service & Engagement, 1(1), 11–18. https://journal.jis-institute.org/index.php/ijcse/article/view/75

Ula, N. W. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja (Studi pada divisi produksi di PT. Industri Kemasan Semen Gresik). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 376–384. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/31277

Utomo, D. W., Hidayah, S., & Handayani, S. B. (2019). Peran organizational citizenship behavior (OCB) sebagai variabel mediasi pengaruh komitmen afektif dan keterlibatan kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementrian Agama Semarang. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 26(46), 103–118. http://www.ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/JEMA/article/viewFile/344/333

Wafiah, W., & Mangundjaya, W. L. (2023). Rasa bersyukur sebagai prediktor kesejahteraan psikologis pekerja. Ezra Science Bulletin, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.58526/ez-sci-bin.v1i2.21

Wicaksono, C. S., & Priyono, B. S. (2022). Analisis pengaruh leader member exchange (LMX) dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan komitmen organisasional sebagai variabel mediasi pada kantor pelayanan dan pengawasan bea dan cukai tipe Madya Pabean Tanjung Emas. Journal of Management, 5(3), 601–630. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3412

Widiani, N. P., Putri, I. G. A. M. A. D., Sari, M. M. R., & Wirajaya, I. G. A. (2019). The effect of love of money and emotional intelligence on employee performance with organizational citizenship behavior as mediating variable. International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.21744/irjeis.v5n1.596

Zulkarnain, I., Gemina, D., & Yunningsih, E. (2019). Pengaruh total quality management terhadap kinerja karyawan PT BCD Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 10(1), 40–48. https://doi.org/10.30997/jsh.v10i1.1615