Pengaruh citra merek, kesadaran merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pakaian UNIQLO di Jakarta

Main Article Content

Yovita Teja
Carunia Mulya Firdausy

Abstract

UNIQLO’s clothing business in Jakarta showed a significant increase in 2022. The purpose of this research is to find out whether or not brand image, brand awareness, price, and promotion both partially and jointly, influenced the purchase decision of UNIQLO’s customers in Jakarta. The source data was collected by using a questionnaire distributed via Google Forms with a total sample of 110 respondents. The data was analyzed by using multiple linear regression. The result of this study indicates that brand image, brand awareness, price, and promotion, both partially and jointly influenced the purchase decision of UNIQLO’s clothing product in Jakarta. Hence, UNIQLO may consider these four variables to develop their strategy even more to make the purchase decision of UNIQLO customers to buy its clothing products in Jakarta better.


Pembelian terhadap produk pakaian merek UNIQLO di Jakarta meningkat pesat di tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra merek, kesadaran merek, harga, dan promosi secara bersama-sama maupun parsial merupakan variabel-variabel yang memengaruhi keputusan pembelian pelanggan pada produk pakaian UNIQLO di Jakarta. Dengan menggunakan metode non-probability sampling melalui convenience sampling, pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dan didapatkan total sampel sebanyak 110 responden. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda yang dilakukan melalui software SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, kesadaran merek, harga, dan promosi secara bersama-sama dan parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pelanggan UNIQLO di Jakarta. Oleh karena itu, UNIQLO dapat mempertimbangkan untuk lebih mengembangkan strategi terkait variabel-variabel yang diteliti agar keputusan pembelian pelanggan UNIQLO di Jakarta semakin baik.

Article Details

How to Cite
Teja, Y., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh citra merek, kesadaran merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pakaian UNIQLO di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(5), 1010–1021. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i5.26502
Section
Articles
Author Biographies

Yovita Teja, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Carunia Mulya Firdausy, Universitas Tarumanagara

Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana

References

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Rev.2010). Rineka Cipta.

Astuti, S. P. (2010). Modul praktikum statistika. IAIN Surakarta.

Brand Finance. (2023). UNIQLO brand profile. Brandirectory. https://brandirectory.com/brands/uniqlo/

Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi menaklukkan pasar: Melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 update PLS regresi (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irvan, I., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh brand awareness, brand image, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian sepeda. Prologia, 6(2), 222–228. https://doi.org/10.24912/pr.v6i2.10415

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Laksana, F. (2008). Manajemen pemasaran: Pendekatan praktis (1st ed.). Graha Ilmu.

Ningsih, S., & Pradanawati, S. L. (2021). The influence of brand image, price and promotion on purchase decision (Case study on Gea Geo store). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1–12. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR/article/view/2997

Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase decision model: Analysis of brand image, brand awareness and price (Case study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621–632. https://doi.org/10.21276/sjhss

Nugraha, G. A., & Firdausy, C. M. (2022). Pengaruh brand image, product price, dan sales promotion terhadap purchase decision konsumen produk ABC multivitamin di toko Watsons Indonesia pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(4), 439–444. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19345

Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M. H., Lestari, W. J., Khatimah, H., & Beribe, M. F. B. (2021). Teori perilaku konsumen. NEM.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: perilaku dan strategi pemasaran (Y. Sumihartil (ed.); D. Sihombing (trans.); 4th ed.). Erlangga.

Pratiwi, F. (2020, August 14). Bagaimana fashion dapat menjadi bisnis yang menjanjikan? Harmony. https://www.harmony.co.id/blog/bagaimana-fashion-dapat-menjadi-bisnis-yang-menjanjikan/

Pressrelease.id. (2023, January 17). UNIQLO umumkan pembukaan 8 toko baru hingga pertengahan tahun 2023. Kontan.co.id. https://pressrelease.kontan.co.id/news/uniqlo-umumkan-pembukaan-8-toko-baru-hingga-pertengahan-tahun-2023

Rezy. (2022, January 13). Laba Fast Retailing meningkat 5,6 persen. Pasardana.id. https://pasardana.id/news/2022/1/13/laba-fast-retailing-meningkat-5-6-persen/

Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (2009). Economics (19th ed.). McGraw-Hill.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Wisenblit, J. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Pearson.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.

Sunyoto, D. (2011). Analisis regresi dan uji hipotesis. CAPS.

Sutisna. (2001). Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran (M. F. Rakhmat (ed.)). Remaja Rosdakarya.

UNIQLO. (2023). Pencari lokasi toko. UNIQLO. https://map.uniqlo.com/id/id/

Widhiandono, D. (2023, January 13). Keuntungan Uniqlo drop karena lockdown. Harian Disway. https://harian.disway.id/read/678562/keuntungan-uniqlo-drop-karena-lockdown