Faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan Dear Butter
Main Article Content
Abstract
Dear Butter is a croffle franchise business that was founded during the covid-19 pandemic and is one of the croffle franchise businesses that is booming rapidly during the covid-19 pandemic. This study aims to examine the effect of product quality, taste, price perception, and packaging on customer satisfaction and customer loyalty. This study used 305 samples selected by using convenience sampling and then analyzed using PLS-SEM. The results of this study are product quality, taste, price perception, and packaging have a positive influence on customer satisfaction and customer loyalty Dear Butter in Tangerang. From this study, price perception has the greatest direct influence on customer loyalty. This shows that Dear Butter must continue to maintain its affordable price which can make customers loyal to Dear Butter products.
Dear Butter merupakan bisnis franchise croffle yang didirikan pada masa pandemi Covid-19 dan merupakan salah satu bisnis franchise croffle yang booming secara cepat pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, cita rasa, persepsi harga, dan kemasan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan 305 sampel yang dipilih dengan menggunakan convenience sampling dan kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk, cita rasa, persepsi harga, dan kemasan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan Dear Butter di Tangerang. Dari penelitian ini, persepsi harga memiliki pengaruh paling besar secara langsung terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa Dear Butter harus terus menjaga keterjangkauan harganya yang dapat membuat pelanggan menjadi loyal terhadap produk Dear Butter.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraeni, D. P., Kumadji, S., & Sunarti. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (Survei pada pelanggan nasi rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(1), 171–177. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1445
Back, K. J., & Parks, S. C. (2003). A brand loyalty model involving cognitive, affective, and conative brand loyalty and customer satisfaction. Journal of Hospitality and Tourism Research, 27(4), 419–435. https://doi.org/10.1177/10963480030274003
Bolton, L. E., Warlop, L., & Alba, J. W. (2002). Consumer perceptions of price (un)fairness. Journal of Consumer Research, 29(4), 474–491. https://doi.org/10.1086/346244
del Bosque, I. R., & San Martín, H. (2008). Tourist satisfaction a cognitive-affective model. Annals of Tourism Research, 35(2), 551–573. https://doi.org/10.1016/j.annals.2008.02.006
Dewi, K. A. N. (2016). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada pelanggan Dunkin’ Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis dan Manajemen), 9(1), 43–55. https://doi.org/10.26740/bisma.v9n1.p43-55
Dirgantara, B. (2011). Pengaruh kemasan, merek dan harga terhadap loyalitas konusmen: Studi kasus pada mahasiswa pengguna Shampo Clear Universitas Negeri Yogyakarta [Skripsi, Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/14119/
El-Adly, M. I., & Eid, R. (2016). An empirical study of the relationship between shopping environment, customer perceived value, satisfaction, and loyalty in the UAE malls context. Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 217–227. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.04.002
Febriani, S., & Tjokrosaputro, M. (2019). Pengaruh brand packaging terhadap brand preference dengan kualitas makanan sebagai variable mediator pada produk Yoghurt Heavenly Blush di Mal Kelapa Gading. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i1.2789
Griffin, J. (2003). Customer loyalty: Menumbuhkan & mempertahankan kesetiaan pelanggan (Y. Sumiharti, R. Medya, & W. C. Kristiaji (eds.); D. K. Yahya (trans.); Ed. Revisi). Erlangga.
Gupta, S., McLaughlin, E., & Gomez, M. (2007). Guest satisfaction and restaurant performance. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 48(3), 284–298. https://doi.org/10.1177/0010880407301735
Han, H., & Ryu, K. (2009). The roles of the physical environment, price perception, and customer satisfaction in determining customer loyalty in the restaurant industry. Journal of Hospitality and Tourism Research, 33(4), 487–510. https://doi.org/10.1177/1096348009344212
Hanaysha, J. (2016). Testing the effects of food quality, price fairness, and physical environment on customer satisfaction in fast food restaurant industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40. https://doi.org/10.18488/journal.1006/2016.6.2/1006.2.31.40
Herdian, F., & Cokki. (2022). Niat beli produk power tools: Peranan kemasan, persepsi harga, citra merek, dan persepsi kualitas. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(5), 497–502. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20301
Indrawati, F. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening di Cincau Station Surabaya. AGORA, 6(2), 1–5. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7727
Justitie, D., Suddin, A., & Widajanti, E. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk, cita rasa, dan harga terhadap loyalitas pelanggan Waffelio franchise di Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13, 243–253. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/3605
Khairawati, S. (2019). Effect of customer loyalty program on customer satisfaction and its impact on customer loyalty. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 9(1), 15–23. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v9i1.603
Kivela, J., Inbakaran, R., & Reece, J. (2000). Consumer research in the restaurant environment. Part 3: Analysis, findings and conclusions. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 12(1), 13–30. https://doi.org/10.1108/09596110010304984
Nurullaili, & Wijayanto, A. (2013). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas konsumen Tupperware (Studi pada konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5357
Pesoth, M. C. (2015). Pengaruh kualitas produk, packaging, dan brand image terhadap kepuasaan pelanggan pada perusahaan rokok Dunhill di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 1101–1112. https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10115
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14(1), 16–23. https://doi.org/10.30872/jkin.v14i1.2445
Pratiwi, K. A., Suartina, I. W., Kusyana, D. N. B., & Dewi, I. A. M. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pada Ratu Hotel (Ex. Queen Hotel) Denpasar dengan kepuasan pelanggan sebagai intervening. Bisma: Jurnal Manajemen, 6(1), 17–30. https://doi.org/10.23887/bjm.v6i1.24405
Purwoko, S., & Haryana, A. (2021). Pengaruh kemasan, kualitas dan harga produk susu terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan PT. Dwimitra Usaha Global. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.52643/jam.v10i2.1130
Reinartz, W., Haenlein, M., & Henseler, J. (2009). An empirical comparison of the efficacy of covariance-based and variance-based SEM. International Journal of Research in Marketing, 26(4), 332–344. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2009.08.001
Rodli, F. I. (2017). Pengaruh cita rasa produk, kualitas pelayanan dan tempat terhadap loyalitas konsumen pada kedai Es Teller77 cabang Hypermart Kediri Town Squere. Simki-Economic, 1(1), 2–9. http://simki.unpkediri.ac.id/detail/12.1.02.02.0055
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(1), 127–146. https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271
Sari, I. G. A. W., & Setiawan, P. Y. (2017). Pengaruh green marketing dan packaging terhadap brand image dan loyalitas pelanggan pada konsumen Starbucks Coffee. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(7), 3820–2349. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/30268
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill building approach (7th ed.). Wiley.
Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Rukmini Sari, H. P. (2021). Pengaruh cita rasa dan harga terhadap kepuasan konsumen Ragusa es krim Italia. Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803
Spreng, R. A., MacKenzie, S. B., & Olshavsky, R. W. (1996). A reexamination of the determinants of consumer satisfaction. Journal of Marketing, 60(3), 15–32. https://doi.org/10.2307/1251839
Syaputri, R. (2015). Pengaruh kemasan, merek dan harga terhadap loyalitas konsumen pada UKM keripik singkong Sulis di Samarinda [Skripsi, Universitas Mulawarman]. https://portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2774
Vardana, P. A., Purwanto, H., & Kadi, D. C. A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan packaging terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening (Studi kasus pada Brem Duta Rasa Desa Kaliabu, Caruban, Kabupaten Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 3, 1–19. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/2267
W.S, F. X. S., & Soliha, E. (2015). Pengaruh persepsi harga, citra perusahaan dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Apotek “DELA” di Semarang. Prosiding Seminar Nasional Kinerja Perbankan, Bisnis dan Ekonomi Indonesia Menghadapi Asean Economic Community 2015, 1, 1–16. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe10/article/view/3848
Wang, E. S. T. (2013). The influence of visual packaging design on perceived food product quality, value, and brand preference. International Journal of Retail and Distribution Management, 41(10), 805–816. https://doi.org/10.1108/IJRDM-12-2012-0113
Wang, Y., & Lo, H. P. (2002). Service quality, customer satisfaction and behavior intentions: Evidence from China’ telecommunication industry. Info, 4(6), 50–60. https://doi.org/10.1108/14636690210453406
Wardhana, R. E. (2016). Pengaruh customer experience terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 4(3), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/17075
Winata, A., & Fiqri, I. A. (2017). Pengaruh harga dan kualitas jasa terhadap loyalitas pelanggan Hotel Emersia di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(2), 133–149. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/989
Zhang, Z., Zhang, Z., & Law, R. (2013). Regional effects on customer satisfaction with restaurants. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 25(5), 705–722. https://doi.org/10.1108/IJCHM-Aug-2012-0148