Peran motivasi, karakteristik wirausaha, dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil

Main Article Content

Dekeng Setyo Budiarto
Yolla Pratiwi

Abstract

The role of MSMEs which is very important for the progress of a country’s economy is a widely researched topic, especially the ability of owners to manage their business. This study aimed to examine the effect of motivation and business characteristics on the business ability of SME owners. Furthermore, this research also investigates the impact of business capability on business success. This study used a questionnaire given to 101 MSMEs owners throughout the Special Region of Yogyakarta, which consists of 4 regencies and one city. This research hypothesis will be tested with the Smart-PLS. The research results prove that business motivation and business characteristics have a significant impact on business ability, furthermore, business ability also has a substantial effect on business success.


Peran UMKM yang sangat penting bagi kemajuan perekonomian suatu negara menjadi topik yang banyak diteliti terutama kemampuan pemilik dalam mengelola usahanya. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh motivasi dan karakteristik usaha terhadap kemampuan usaha pemilik UKM. Selanjutnya, penelitian ini juga menguji dampak kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 101 pemilik UMKM di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota madya. Hipotesis penelitian akan dibuktikan dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian membuktikan bahwa motivasi usaha dan karakteristik usaha berdampak signifikan pada kemampuan usaha, selanjutnya kemampuan usaha juga memberikan efek yang signifikan pada keberhasilan usaha.

Article Details

How to Cite
Budiarto, D. S., & Pratiwi, Y. (2023). Peran motivasi, karakteristik wirausaha, dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(4), 934–943. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i4.23670
Section
Articles
Author Biographies

Dekeng Setyo Budiarto, Universitas PGRI Yogyakarta

Fakultas Bisnis

Yolla Pratiwi, Universitas PGRI Yogyakarta

Fakultas Bisnis

References

Adiputra, R., & Moningka, C. (2012). Gambaran perilaku konsumtif terhadap sepatu pada perempuan dewasa awal. Psibernetika, 5(2), 76–93. https://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/536

Almaidah, S., & Endarwati, T. (2019). Analisis pengaruh karakteristik wirausaha, modal, motivasi, pengalaman, dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha pada UKM penghasil mete di Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMMUS, 111–124. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/224

Ardiyanti, D. A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 168–178. https://doi.org/10.33059/jseb.v10i02.1413

Bustan, J. (2016). Pengaruh karakteristik wirausaha, orientasi pembelajaran dan orientasi kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha (Studi pada usaha kecil pengolahan pangan di Kota Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(1), 29–42. https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i1.8844

Dasuki, R. E. (2021). Manajemen strategi: Kajian teori resource based view. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(3), 447–454. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i3.710

Dwiastanti, A., & Mustapa, G. (2020). Pengaruh karakteristik wirausaha, lingkungan eksternal dan strategi bertahan UMKM dalam menjaga keberlangsungan usaha di musim pandemi Covid 19. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 228–240. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.42740

Farida, E., & Widayanti, R. (2015). Analisis pengaruh motivasi, kemampuan kerja dan jiwa wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada sentra kripik tempe senan malang. Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Manajemen, 22(1), 50–59. http://journal.stie-mce.ac.id/index.php/jabm/article/view/94

Fazlurrahman, I. R., Fariyanti, A., & Suharno, S. (2017). Pengaruh karakteristik pribadi dan dimensi sosial terhadap kemampuan wirausaha perempuan. Forum Agribisnis, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.29244/fagb.6.2.179-196

Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha dengan kemampuan usaha sebagai variabel mediasi pada industri kecil menengah makanan ringan Priangan Timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(3), 297–323. https://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.3.6

Ghozali, I. (2017). Pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada kantor kementerian agama Kabupaten Banjar. Jurnal Pariwisata Pesona, 3(1), 130–137. https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/jieb/article/view/59

Hakim, L., & Prajanti, S. D. W. (2019). Pengaruh karakteristik wirausaha, kemampuan manajerial, dan tenaga kerja terhadap keberhasilan usaha IKM. Jurnal Pendidikan, 8(2), 698–712. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31510

Haryanti, R. D., Solovida, G. T., & Kristanto, R. S. (2019). Pengaruh kemampuan manajerial, perilaku kewirausahaan dan motivasi terhadap kinerja usaha. Journal of Economics and Banking, 1(2), 108–124. http://jurnal.stiebankbpdjateng.ac.id/jurnal/index.php/econbank/article/view/173

Herawaty, N., & Yustien, R. (2019). Pengaruh modal, penggunaan informasi akuntansi dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha kecil (Survei pada usaha rumahan produksi pempek di kota Jambi). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, 3(1), 63–76. https://doi.org/10.31629/jiafi.v3i1.1582

Indarto, & Santoso, D. (2020). Karakteristik wirausaha, karakteristik usaha dan lingkungan usaha penentu kesuksesan usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 54. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i1.2202

Iskandar, Y., Zulbainarni, N., & Jahroh, S. (2020). Pengaruh karakteristik usaha dan wirausaha terhadap kinerja UMKM industri pengolahan perikanan di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.31002/rn.v4i1.2205

Jefferey, & Handoyo, S. E. (2020). Pengaruh karakteristik kewirausahaan, motivasi, dan kepemimpinan transformasional terhadap keberhasilan usaha UKM makanan. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 2(4), 952–960. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9877

Kusa, R., Duda, J., & Suder, M. (2021). Explaining SME performance with fsQCA: The role of entrepreneurial orientation, entrepreneur motivation, and opportunity perception. Journal of Innovation and Knowledge, 6(4), 234–245. https://doi.org/10.1016/j.jik.2021.06.001

Mahfud, Y. (2018). Membangun strategi bersaing melalui sumber daya strategis dan dinamika lingkungan guna meningkatkan kinerja usaha (Studi pada usaha kecil menengah di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.207

Masyitoh, S., Azhad, M. N., & Rahayu, J. (2019). Penerapan konsep resource-based view (RBV) dalam upaya mempertahankan keunggulan bersaing perusahaan (Studi kasus pada Artshop Akifani Mutiara Mataram) [Artikel Jurnal, Universitas Muhammadiyah Jember]. http://repository.unmuhjember.ac.id/6527/

Padmaja, S., S, P., & Bandu, S. (2014). Evaluating sentiment analysis methods and identifying scope of negation in newspaper articles. International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence, 3(11), 1–6. https://doi.org/10.14569/ijarai.2014.031101

Pradana, A. E. (2019). Pengaruh karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada petani lele di kota Madiun. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1, 807–818. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/1197

Purnama, C. (2010). Motivasi usaha dan kemampuan usaha dalam meningkatkan keberhasilan usaha industri kecil. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 2(2), 400–408. https://doi.org/10.17509/jaset.v2i2.10008

Ramadoni, Q. A., & Silaningsih, E. (2017). Strategi keberhasilan usaha dengan pendekatan motivasi usaha serta kemampuan usaha pada industri mikro, kecil dan menengah (IMKM) makanan ringan di kota Serang. Jurnal Visionida, 3(1), 20–33. https://doi.org/10.30997/jvs.v3i1.966

Senjoyo, I. K. S. (2018). Pengaruh karakteristik wirausahawan terhadap kesuksesan UMKM di kota surabaya. AGORA, 6(2), 1–6. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7748

Sumardhi, A., & Laily, N. (2018). Pengaruh karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha pedagang etnis cina dan jawa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(12), 1–16. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/818

Wastuti, A. N., Sumekar, W., & Prasetyo, A. S. (2022). Pengaruh motivasi usaha dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha di UMKM pengolahan pisang Kelurahan Rowosari, Tembalang Semarang. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(2), 197–210. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i2.890

Widjajani, S., Baraba, R., & Handayani, R. (2021). Peran karakteristik wirausahawan dan kemampuan usaha terhadap keberhasilan usaha di masa pandemi. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(1), 25–34. https://doi.org/10.28932/jmm.v21i1.4098

Yusniar. (2017). Pengaruh motivasi dan kemampuan usaha terhadap peningkatan keberhasilan usaha industri kecil batu bata di Kecamatan Muara Batu dan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 59–67.