Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk sanitary merek Onda
Main Article Content
Abstract
The large selection of sanitary product brands that are popular in Indonesia is a challenge for companies to develop and sell better products, so that consumers can buy the product. The purpose of this study is to analyze the factors that influence consumer behavior in purchasing decisions for sanitary products, ONDA brand. The data collection method used a questionnaire with a sample size of 144 respondents who knew and had bought Onda products. The sampling technique of non-probability sampling is accidental sampling. The data analysis technique used multiple regression. The results show that cultural, social, personal, and psychological factors together have a fairly strong positive influence (71.5%) on the purchasing decision of Onda's sanitary products. Personal factors are the variables that have the most dominant influence on the purchasing decision for Onda products.
Banyaknya pilihan merk produk sanitary yang populer di Indonesia menjadi tantangan bagi perusahaan untuk mengembangkan dan menjual produknya menjadi lebih baik agar konsumen dapat membeli produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini unuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian produk sanitary merek ONDA. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel terdiri 144 responden yang mengetahui dan pernah membeli produk Onda. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu accidential sampling. Teknik analisa data menggunakan regresi berganda. Hasil menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang cukup kuat (71.5%) terhadap keputusan pembelian produk sanitari Onda. Faktor pribadi merupakan variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk Onda.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. In Pearson Education. Pearson Education.
Maupa, H. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Makassar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 16(2), 135–168.
Maupa, H., Sambo, Y., & Maming, D. (2020). Pengaruh Online Marketing Dan Word of Mouth Communication Terhadap Customer Satisfation Melalui Estetika Produk Pada Perusahaan Ampa Bakery Takalar. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(1), 43–68. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i1.9462
Ruhamak, M. D. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri). Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.8
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Syafirah, Mananeke, L., & Rotinsulu, J. J. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 245–255. syafirah