Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Branchless Banking (Studi Kasus Bank CIMB Niaga Kantor Cabang Pinangsia Tangerang)

Main Article Content

Dewi Wahyunie

Abstract

The purpose of this research is to test, analyzing and find out the effect of service quality, trust, and corporate image on the customer satisfaction of Branchless Banking CIMB Niaga use. The sampling technique used in this research is nonprobability sampling by accidental sampling using a quantitative approach by distributing questionnaires to 100 respondents of customers CIMB Niaga Bank. The data analysis method used in this research is multiple regression analysis. For operational variables using the Likert scale method of validity used a computer measuring instrument that is SPSS 26.0. The results showed that all independent variables have a simultaneous effect on the customer satisfaction of Branchless Banking CIMB Niaga usage positively and also have a positive effect on the customer satisfaction of Branchless Banking CIMB Niaga usage. Thus, service quality, trust, and corporate image have a positive effect and significance on the customer satisfaction of Branchless Banking CIMB Niaga usage.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis serta mengetahui pengaruh langsung kualitas layanan, kepercayaan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah pengguna Branchless Banking CIMB Niaga. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan cara accidental sampling, pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden nasabah Bank CIMB Niaga Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan untuk variabel operasional menggunakan skala Likert dengan bantuan SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variable independent secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan secara individual terhadap kepuasan nasabah pengguna Branchless Banking. 

Article Details

How to Cite
Wahyunie, D. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Branchless Banking (Studi Kasus Bank CIMB Niaga Kantor Cabang Pinangsia Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 6(1), 13–18. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i1.16347
Section
Articles
Author Biography

Dewi Wahyunie, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Alma, B. (2007). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta CV.

Aydin, S., & Ozer, G. (2005). National customer satisfaction indices: An implementation in the Turkish mobile telephone market. Marketing Intelligence and Planning, 23(5), 486–504. https://doi.org/10.1108/02634500510612654

Goetsch, D. L., & Davis, S. (1994). Introduction to total quality: Quality, productivity, competitiveness. Macmillian College Publishing Co.

Harrison, S. (2005). Public relations: An introduction. Thomson Learning.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (12th ed.). PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniasari, N., & Ernawati, N. (2012). Pengaruh kepuasan pelanggan, kepercayaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan Laundry Kencling Semarang. Jurnal Mahasiswa Q-MAN, 1(3), 57–68.

Louisrianda, R., & Tabrani, M. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kepercayaan, citra perusahaan terhadap loyalitas merek dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3), 154–177. https://doi.org/10.24815/jimen.v2i3.3540

MacInnis, D. J., & Price, L. L. (1987). The role of imagery in information processing: Review and extensions. Journal of Consumer Research, 13(4), 473–491. https://doi.org/10.1086/209082

Morgan, R. M., & Hunt, S. D. (1994). The commitment-trust theory of relationship marketing. Journal of Marketing, 58(3), 20. https://doi.org/10.2307/1252308

Supranto, J. (2012). Metode riset aplikasinya dalam pemasaran. Rineka Cipta.

Tjiptono, F. (2000). Perspektif manajemen dan pemasaran kontemporer. Andi.

Tjiptono, F. (2001). Strategi pemasaran (5th ed.). Andi.

Wu, Y. L., Tao, Y. H., & Yang, P. C. (2012). Learning from the past and present: Measuring Internet banking service quality. Service Industries Journal, 32(3), 477–497. https://doi.org/10.1080/02642069.2010.529434