Analisa SWOT dan Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT Panen Mas Indonesia dan Dampaknya terhadap Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan

Main Article Content

Reyner Perdana

Abstract

Business activity is an activity carried out with the aim of getting profit. Types of business activities are divided into two, seen from the products produced by these business activities, namely goods and services. One of the businesses in the service sector is the business carried out by PT Panen Mas Indonesia, a company engaged in the rental of event contracting equipment. The contracting equipment leased by PT Panen Mas Indonesia includes 3 types of equipment, namely: generator set, air conditioner, tent. Applying the right marketing strategy becomes important in an effort to achieve maximum customer satisfaction and loyalty, and can increase the number of company customers, the purpose of this study is to find out whether the SWOT factor, and the marketing strategies applied by the company have an impact on customer loyalty and satisfaction. This research is a qualitative study, by conducting in-depth interviews with company owners, and the company's administration and Focus Group Discussion (FGD) with a total of 10 customers of PT Panen Mas Indonesia customer in the Greater Jakarta area which are divided into two groups. Where the first group is customers who use the company's services above three times, and the second group of customers who use the company's services below or equal to three times. The research data was validated by the triangulation method. From the research results it is known that SWOT and marketing strategies applied are Word of Mouth, and promotion. The company also participates in business fairs, but it has not been done routinely so that it has not gotten maximum results, from the research results it is known that the company does not have an official office, and does not yet have a marketing division.

 

Kegiatan usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Jenis kegiatan usaha dibagi menjadi dua dilihat dari produk yang dihasilkan oleh kegiatan usaha tersebut, yaitu barang dan jasa. Salah satu usaha di bidang jasa adalah usaha yang di lakukan PT Panen Mas Indonesia (exhibition contractor), merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan alat kontraktor acara. Alat kontraktor yang di sewakan oleh PT Panen Mas Indonesia meliputi 3 jenis alat, yaitu: genset, air conditioner, tenda. Penerapan strategi pemasaran yang tepat menjadi penting dalam upaya untuk mencapai kepuasan dan kesetiaan pelanggan yang maksimal, serta dapat meningkatkan jumlah pelanggan perusahaan maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor SWOT, dan strategi pemasaran yang di terapkan perusahaan berdampak kepada kesetiaan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan in-depth interview kepada pemilik perusahaan, dan bagian administrasi perusahaan dan Focus Group Discussion (FGD) dengan total 10 pelanggan pengguna jasa PT Panen Mas Indonesia di wilayah JABODETABEK yang di bagi menjadi dua kelompok. Dimana kelompok pertama merupakan pelanggan yang menggunakan jasa perusahaan diatas tiga kali, dan kelompok kedua pelanggan yang menggunakan jasa perusahaan di bawah atau sama dengan tiga kali. Adapun data penelitian ini divalidasi dengan metode triangulasi. Dari hasil penelitian diketahui SWOT dan strategi pemasaran yang diterapkan adalah Word of Mouth, dan promosi. Perusahaan juga mengikuti pameran usaha namun masih belum di lakukan secara rutin sehingga belum mendapatkan hasil yang maksimal, dari hasil penelitian diketahui bahwa perusahaan belum memiliki kantor yang resmi, dan belum memiliki divisi pemasaran.

Article Details

How to Cite
Perdana, R. (2021). Analisa SWOT dan Strategi Pemasaran yang Diterapkan PT Panen Mas Indonesia dan Dampaknya terhadap Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 291–295. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11865
Section
Articles
Author Biography

Reyner Perdana, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana

References

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Baduara. (2004). Salesmanship Ilmu Seni & Seni Menjadi Penjual yang Sukses. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Buchari, A. (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group.

Daymond. C., & Holloway, I. (2002). Qualitative Research Metods In Public Relations & Marketing Communications. London: Routledge.

Denzin, N., & Lincoln, Y. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Grewal, & Levy. (2008). Marketing. New York: Pearson Prentice Hall.

Gundono. (2011). Analisis Data Multivarat. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Indrawati. I. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi pembentukan minat berlangganan di industri video-on demand di Indonesia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010) Principles of Marketing (13th ed.). United States of America: Pearson.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium, Jilid 1). Jakarta: PT Prehallindo.

Malhotra, N. K. (2010). Marketing Research: An Applied Orientation (6th ed.). New Jersey: Pearson Education Inc.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (28th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sari, R. D. K. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga & word of mouth communication terhadap keputusan pembelian mebel pada CV Mega Jaya Mebel. Semarang.

Sernovitz, A. (2006). Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking.

Sugiono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern Liberty. Yogyakarta.