PEMBUATAN ENDLESS RUNNING GAME “RUN’N ESCAPE” BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Novaldo Rustandi
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game “Run’N Escape” adalah game dengan genre Runner yang bertemakan fiksi ilmiah. Game ini yang memiliki tujuan memberikan permainan yang dapat menghibur. Pemain berperan sebagai tahanan yang mempunyai tujuan untuk kabur dari dalam penjara dengan bantuan tahanan yang lain. Game mempunyai tampilan berbentuk dua dimensi dan dimainkan dengan menggunakan smartphone berbasis Android. Game dibuat menggunakan game engine Unity dengan C# sebagai bahasa pemrograman. Permainan ini tidak memiliki akhir permainan level. Tujuan dari permainan pemain harus mencari skor setinggi mungkin. Pemain harus menghindari rintangan dengan melompat atau melakukan dash agar permainan tidak berakhir. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox, alpha testing oleh pembimbing, dan beta testing melalui survei pada 30 user. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game “Run’N Escape” merupakan pemainan yang cukup menantang, menghibur dan memiliki fitur yang cukup menarik. Sebagian pemain merasa tertarik untuk bermain, Namun terdapat kekurangan pada sisi lain yaitu kurangnya variasi tantangan objek, rintangan permainan cukup sulit untuk pemain awam, dan level yang bervariasi kurang bervariasi.

Article Details

Section
Articles

References

Kamus Populer, Pengertian Game Menurut Para Ahli, http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/ , 01 Maret 2019.

Study Tonight, Different Genres Of Game, https://www.studytonight.com/3d-game-engineering-with-unity/genres-of-game, 21 Febuari 2019.

Michael Klappenbach, What is a platformer game?, https://www.lifewire.com/what-is-a-platform-game-812371.

Mulyadi, Pembuatan Game Platformer “Beyond” Menggunakan Unity Dengan Xbox360 Controller, Jurnal Ilmu Komputer dan sistem Informasi, Universitas Tarumanagara Vol 4 no 2, 2016.

Bob Bates, Game Design Second Edition, (Stamford: Cengage Learning PTR, 2004), h. 204, 7 Maret 2018.

B. B Agarwal, S.P Tayal, M.Gupta, Software Engineering & Testing, (Sudbury: Jones and Bartlett Publisher, 2010), h. 172.

Alan Thorn, Game Development Principles,

(Boston: Cengage Learning, 2014), hlm. 3.

Ernest Adams, Gamasutra - The Designer's Notebook: Sorting Out the Genre Muddle, http://www.gamasutra.com/view/feature/132463/the_designers_notebook_sorting_.php, 21 Febuari 2019.