SISTEM ANALISIS KINERJA SALES BERDASARKAN TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN REGRESI LINEAR DAN ALGORITMA APRIORI

Tania Rizgitta, viny Christanti Mawardi, Janson Hendryli

Abstract


Sebuah perusahaan mempunyai sales untuk menawarkan produk atau jasa yang dijual. Sales ini dianggap sebagai representative dari perusahaan dimana sales inilah yang memasarkan dan menjual produk perusahaan kepada customer. Pentingnya nilai-nilai yang dipegang oleh seorang sales sebagai sumber pendapatan bagi perusahaan. Maka dari itu, menganalisis penjualan tiap sales, dan mengetahui sales yang memiliki kinerja paling baik merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam meningkatkan penjualannya. Maka dari itu, untuk mempermudah menilai kinerja sales dibuatlah sebuah sistem dimana perusahaan dapat melihat kinerja sales nya dengan parameter-parameter yang sesuai dengan masing-masing perusahaan. Pengujian metode Regresi Linear untuk memprediksi penjualan sales berikutnya menggunakan koefisien determinasi yang bernilai antara 54.5% sampai 84.5%. Sedangkan pengujian metode Algoritma Apriori, didapatkan 3 kriteria yang dipilih yaitu memenuhi target penjualan, memenuhi jumlah target total transaksi per tahun per tahun, dan memenuhi jumlah transaksi penjualan maksimum per tahun dan 3 nama dan id sales yang menjadi rekomendasi yaitu: id sales 98908 (Ekowati), 98912 (Nini Anggraini), dan 98916 (Ronny Rustan). 

Full Text:

PDF

References


LinovHR, “Maksimalkan Efisiensi Penilaian Kinerja Karyawan dengan Software Performance Management LinovHR”, LinovHR Ltd, Jakarta.

Wely, “Data Mining Techniques in CRM: Inside Customer Segmentation”, John Wiley and Sons Ltd, United Kingdom.

Syamsurizal. “Pengaruh Penilaian Kinerja Sales Marketing terhadap Produktivitas Kerja pada PT. Inti Elektrindo Abadi”. Jurnal Lentera Bisnis. Volume 5 Nomor 1, 2016.

Syaharullah, Disa. “Penerapan Metode Regresi Linear dalam Pembuatan Perangkat Lunak Simulasi Target Penjualan”. Jurnal Inspiration. Volume 5 Nomor 2, 2015.

Tampubolon, Kennedi; Saragih, Hoga; dan Reza, Bobby. “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada sistem persediaan alat-alat kesehatan”. Jurnal Informasi dan Teknologi Ilmiah. Volume 1 Nomor 1, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.