PEMBUATAN GAME 3D PLATFORMER “LOOKING FOR TREASURE”

Main Article Content

Aditya Dwi Septian
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game "Looking For Treasure" adalah game bergenre platformer dengan nuansa tiga dimensi. Game ini dirancang dengan menggunakan Unity3D dan ditargetkan untuk platform Personal Computer. Perancangan game ini menggunakan Unity sebagai game engine, Adobe Photoshop untuk perancangan gambar 2D pada game, dan Blender untuk memanipulasi assets 3D yang dipakai. Game dapat dimainkan dengan menggunakan keyboard dan mouse sebagai controller untuk mengendalikan pemain. Pemain berperan sebagai El yang mempunyai tugas untuk mengumpulkan harta karun di tiap world. Objektif pemain adalah mengumpulkan key untuk membuka stage selanjutnya. Selain itu pemain dapat mengumpulkan gem untuk menambah lives saat sudah terkumpul sebanyak 100 buah. Dalam game ini memiliki 6 stage yang terdiri dari 4 stage biasa dan 2 stage boss. Setiap stage memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pemain dapat melewati setiap level dengan berjalan, melompat, dan memukul. Di tiap stage terdapat karakter musuh yang memiliki pola serangan yang berbeda-beda. Karakter musuh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Creator dan Guardian. Creator terdapat di semua stage biasa dan Guardian terdapat di stage boss tertentu.

Article Details

Section
Articles

References

Muliadi, Pembuatan Game Platformer “Beyond” Menggunakan Unity Dengan Xbox 360 Controller, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Universitas Tarumangara Vol 4 no 2, 2016.

Wolfgang Kramer, What is a Game?, http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml, diakses tanggal 18 Febuari 2019.

Merriam-Webster, Definition of Video Game by Merriam-Webster,https://www.merriam-webster .com/dictionary/video%20game, diakses tanggal 20 Februari 2019.

Bob Bates, Game Design Second Edition, (Stamford: Cengage Learning PTR, 2004), h. 204.

Luke Freiler, Alpha Testing vs Beta Testing, Center Code, http://www.centercode.com/blog/2011/01/al pha-vs-beta-testing/, diakses tanggal 14 September 2015.

Culdesacc, Super Mario Odyssey. https://www.kotakgame.com/review/detail_review/3508/2728/Super-Mario-Odyssey/0/1/, 2 November 2017.

Pan European Game Information, PEGI Pan European Game Information – What is PEGI?, http://www.pegi.info/en/index/id/28/, diakses 8 Maret 2018

Manish Shewaramani, 14 Reasons why developers love Unity 3D as Cross Platform, https://credencys.com/blog/14-reasons-why-developers-love-unity-3d-as-cross-platform/, diakses tanggal 20 Februari 2019.

Hemera Academy, Tentang Microsoft Visual Studio dan Kegunaannya, https://itlearningcenter.id/tentang-microsoft-visual-studio-dan-kegunaannya/, 23 April 2018.

Blender, About – blender.org,

https://www.blender.org/about/, diakses tanggal

Maret 2018