PERANCANGAN GAME ADVENTURE “MALING’S GREATEST ADVENTURE” DENGAN FITUR VIRTUAL REALITY PADA PLATFORM ANDROID

Main Article Content

Albert Sany
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game "Maling’s Greatest Adventure VR" adalah sebuah game story-driven dengan kompilasi gameplay yang berbeda dalam bentuk Virtual Reality. Game ini dirancang dengan menggunakan Unity3D dan ditargetkan untuk platform Android. Pemain dapat memilih game stage yang disediakan untuk dimainkan. Setiap stage memiliki cara bermain dan gameplay yang berbeda. Pemain harus melewati berbagai rintangan untuk mendapatkan item-objective agar dapat melanjutkan cerita dan berpindah stage. Setelah berpindah stage, kontrol pada remote VR pemain akan berbeda dengan stage sebelumnya. Ketika pemain kalah dari permainan, pemain diberi pilihan untuk melanjutkan dari checkpoint terakhir atau kembali ke Main Menu. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing, alpha testing oleh dosen pembimbing, dan beta testing dengan melalui survei pada 30 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Maling’s Greatest Adventure merupakan game yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan karena Maling’s Greatest Adventure ditargetkan pada platform android dengan fitur virtual reality agar pemain dapat merasakan berbagai macam pengalaman bermain game berbasis Virtual Reality.

Article Details

Section
Articles

References

Leonardo Bagas, 10 Alasan Kenapa Banyak Orang Bermain Game Menggunakan Smartphone, Gamebrott, https://gamebrott.com/10-alasan-kenapa-banyak-orang-bermain-game-menggunakan-smartphone, diakses 6 Maret 2019

Riswan Abidin, Pengertian Virtual Reality, Tekno Jurnal https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/, diakses 24 Februari 2019

Kevin Pratama, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris, 2018, Pembuatan Game Platform “My Journey” dengan Fitur Virtual Reality, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2018 A10, Jakarta: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara

Merriam-Webster, Definition of Video Game by Merriam-Webster, https://www.merriam-webster.com/dictionary/video%20game, diakses 1 Maret 2019

Bob Bates, Game Design, (Boston: Thomson Course Technology, 2004), hlm. 203-216.

Alan Thorn, Game Development Principles, (Boston: Cengage Learning, 2014), hlm. 3.

Google, Google Cardboard – Google VR, https://vr.google.com/cardboard/, diakses 21 Februari 2019

Gabriel Lievano, Story Driven vs. Gameplay Driven Game Design, Gamasutra, https://www.gamasutra.com/blogs/GabrielLievano/20100527/87415/Story_Driven_vs_Gameplay_Driven_Game_Design.php, diakses 28 Februari 2019