PEMBUATAN GAME FPS-RAIL SHOOTER “HIDE MISSION” BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Januar Pangestu
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game "Hide Mission" adalah sebuah games genre First Person Shooter(FPS) Rail Shooter dan dibuat dalam bentuk 3 dimensi. Game ini menggabungkan genre FPS dan Rail Shooter yaitu player hanya dapat melihat tangan karakter yang digunakan dan menggerakkan aim untuk menembak enemy. Perancangan game ini menggunakan Unity, C#, Photoshop, dan Blender. Pemain dapat memilih stage yang disediakan untuk dimainkan, dan untuk memilih stage selanjutnya player harus menyelesaikan stage sebelumnya. Setiap stage memiliki cara bermain dan gameplay yang berbeda. Pemain hanya perlu membunuh enemy yang terdapat pada stage yang dipilihnya, seiring bertambahnya stage maka tingkat kesulitannya akan bertambah. Ketika player sudah kalah dari permainan, maka akan muncul hasil enemy yang dibunuh dan waktu yang tersisa. Jika player menang maka akan terbuka stage selanjutnya serta hasil dari stage yang dimainkannya, dan jika player telah mencapai stage terakhir maka akan muncul hasil dari stage yang dimainkan dan animasi ending. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing, alpha testing oleh dosen pembimbing, dan beta testing dengan melalui survei pada 32 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa “Hide Mission” merupakan game yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan “Hide Mission” ditargetkan pada smartphone Android versi API 19 (kitkat) dan low specification.

Article Details

Section
Articles

References

Oxford Living Dictionaries, Definition of video game in English by Oxford Dictionaries, https://en.oxforddictionaries.com/definition/video_game, 7 Maret 2018.

Secha, Muchammad Ali Nur, Pengertian game dan mobile game, http://eprints.akakom.ac.id/617/10/105410354_BAB%20I.pdf, 6 Maret 2019

Oscar, Dominic, Pragantha, Jeanny, dan Haris, Darius Andana. "PEMBUATAN GAME FIRST PERSON SHOOTER “FIND ME! SHOOT ME!” DENGAN FITUR SPLIT SCREEN.“ Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems Vol 2, No 1 (2018): 45-52. Print.

Bob Bates, Game Design, (Boston: Thomson Course Technology, 2004), hlm. 203-216.

Alan Thorn, Game Development Principles, (Boston: Cengage Learning, 2014), hlm. 3.