PERBANDINGAN METODE TOPSIS DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK REKOMENDASI PENENTU PENERIMA BEASISWA SMA DY

Main Article Content

Julio Yan Augusto
Bagus Mulyawan
Tri Sutrisno

Abstract

Aplikasi Perbandingan Metode TOPSIS dan Simple Additive Weighting untuk Rekomendasi Penentuan Penerima Beasiswa SMA DY merupakan aplikasi yang di buat bertujuan untuk memudahkan proses penentuan penerima beasiswa pada SMA DY melalui aplikasi web, yang dapat melakukan prosesĀ  pengambilan keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah dengan memberikan masing-masing bobot presentase kriterianya. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP. Metode perancangan aplikasi menggunakan System Development Life Cycle. Hasil pengujian dilakukan dengan metode User Acceptance Test. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan sekolah SMA DY dapat menentukan penerima beasiswa dengan tepat.

Article Details

Section
Articles

References

E. Turban, 2005. Decision Support System and Intelligent System, Edisi 7, Jilid 1 (Upper Saddle River: Prentice Hall,) hal.137.

Purnomo ENS, 2018. Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, Analisis Perbandingan Menggunakan Metode AHP, TOPSIS, dan AHP-TOPSIS dalam Studi Kasus Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Program Akselerasi, https://jurnal.uns.ac.id/itsmart/article/downloads/612/564, 19 Agustus.

Sandy GE., 2018 Sistem Pendukung Keputusan Metode Topsis & Contoh Implementasi, http://www.academia.edu/31852759/SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_Metode_TOPSIS_and_Contoh_Implementasi, 19 Agustus.

Edward, E., Trisnawarman, D., & Rusdi, Z. 2018. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Besi Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, 6(2), 64

Kusumadewi S, 2006. Fuzzy Multiple-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM), (Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu).