PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI POINT OF SALES BERBASIS ONLINE

Main Article Content

Frans Lienardi
Desi Arisandi
Tony Tony

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Perusahaan yang bergerak dibidang retail membutukan sekali adanya suatu software sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para konsumen.

Untuk itulah penulis mencoba membuat program mengenai point sales pada PT Maharupa yang sampai saat ini sudah terkomputerisasi tapi masih berbasis desktop. Pada saat ini PT Maharupa Gatra hanya berupa perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan alat fitnes dan alat music. Sistem yang ada pada saat ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan transaksi penjualan, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, perhitungan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan, juga tidak termanage dengan manajemen stock yang di butuhkan oleh perusahaan.

Metode yang digunakan adalah SDLC, menggunakan ERD serta flowchat. Maka dari itu dengan sistem informasi Point Of Sales ini lebih baik dari sistem yang ada saat ini, sehingga membuat manajemen didalam perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem penjualanlebih kondusif.

 

Key words

Sistem Informasi, System Development Life Cycle (SDLC), point of sales

Article Details

Section
Articles