SIMULASI JARINGAN UNTUK SISTEM TERDISTRIBUSI OPENSTACK DENGAN GNS3

Main Article Content

Tigo Ilhami Fasyah
Jason Chainara Putra
Ruben Tobia Chaiyadi
Jafier Andreas
Timoty Wahyudi Pakpahan

Abstract

Pergeseran paradigma terhadap kerja jarak jauh telah menekankan kebutuhan akan infrastruktur jaringan yang kuat dan terukur. Penelitian ini menyajikan simulasi jaringan Work From Home (WFH) menggunakan Cloud Infrastructure as a Service (IaaS) yang didukung oleh OpenStack. Simulasi ini berfokus pada evaluasi kinerja, skalabilitas, dan keandalan arsitektur jaringan, dengan mempertimbangkan tantangan yang terkait dengan skenario kerja jarak jauh. OpenStack digunakan untuk menyediakan mesin virtual, jaringan, dan sumber daya penyimpanan, menciptakan lingkungan berbasis cloud untuk simulasi WFH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Client PC di outside zone berhasil mengakses cloud OpenStack melalui dashboard dan Web server (HTTP/HTTPS) dan juga pada Inside PC dapat mengakses semua zona termasuk webserver dan server openstack dengan melakukan ping melalui terminal.

Article Details

Section
Articles

References

DCloud, "Apa itu Cloud Computing? Pengertian, Jenis Layanan, dan 5 Kelebihan Menggunakannya," PT. Datacomm Diangraha, 15 Agustus 2023. [Online]. Available: https://dcloud.co.id/blog/apa-itu-cloud-computing.html. [Accessed 24 November 2023].

V. C. Q. A. X. X. G. B. S. L. Lewis Golightly, "Adoption of cloud computing as innovation in the organization," International Journal of Engineering Business Management, vol. 14, 2022.

Cisco, "What Is a Firewall?," Cisco Systems, Inc, [Online]. Available: https://www.cisco.com/c/en/us/products/security/firewalls/what-is-a-firewall.html. [Accessed 23 November 2023].

Amazon Web Service, "Apa itu Middleware?," Amazon Web Services, Inc., [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/what-is/middleware/#:~:text=Aplikasi%20terdistribusi%20adalah%20program%20perangkat,atas%20aplikasi%20frontend%20dan%20backend. [Accessed 24 November 2023].

Red Hat, "Understanding OpenStack," Red Hat, Inc., 3 Oktober 2021. [Online]. Available: https://www.redhat.com/en/topics/openstack. [Accessed 24 November 2023].

GNS3, "Getting Started with GNS3," Galaxy Technologies LLC., [Online]. Available: https://docs.gns3.com/docs/. [Accessed 24 November 2023].