Maintenance Lab SMA Candra Naya Untuk Pembelajaran TIK

Main Article Content

Darius Andana Haris

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pun menjadi faktor penting yang berguna dalam berbagai aspek. Segala sesuatu yang dilakukan secara daring pun kian mendorong kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk produk dari teknologi informasi dan komunikasi adalah Virtual Reality (VR). Dengan pesatnya perkembangan dan popularitas VR, mendukung banyaknya jurusan multimedia di perkuliahan. Di tingkat sekolah, terutama menengah atas, pembelajaran VR dapat dilakukan melalui kegiatan seminar. Dengan adanya kegiatan seminar, siswa SMA dapat mengembangkan potensi diri lebih awal dan menjadikan pembelajaran yang didapat sebagai bekal dalam memasuki dunia perkuliahan nantinya. Kegiatan seminar ini pun menjadi salah satu wadah siswa untuk mendukung peningkatan prestasi non akademik. PKM serupa telah dilaksanakan sebelumnya untuk pengajaran ekstrakurikuler dan mendapat respon positif. SMA Sinar Dharma yang sebelumnya pernah menjuarai lomba yang diadakan melalui PKM, kini membuka Seminar VR Trends. Pelaksanaan PKM dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu research kebutuhan, pembuatan materi dan pelaksanaan seminar.

Article Details

Section
Articles

References

Y. Andinny dan I. Lestari, “PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, p. 170, 2016.

Eraspace, “5 Alasan Mengapa Kuliah di Jurusan Teknologi Game Semakin Banyak Diminati,” 8 10 2021. [Online]. Available: https://eraspace.com/artikel/post/5-alasan-mengapa-kuliah-di-jurusan-teknologi-game-semakin-banyak-diminati. [Diakses 13 2 2023].

D. A. Haris dan R. T. Tryharyanto, “Online Workshop "Mudah Membuat AR" at Kalam Kudus Senior Highschool,” Journal of Game, Game Art and Gamification, vol. 6, no. 2, 2021.

D. A. Haris, C. Lim dan N. Margatan, “Penerapan Pembelajaran Online Interaktif Mengenai Teknik Informatika Dan Multimedia Kepada Siswa SMA Kalam Kudus Jakarta,” dalam Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Jakarta, 2021.

D. A. Haris, C. Lim, J. Wirawan dan M. Pramudita, “Workshop Dan Kompetisi Augmented Reality Dengan Vuforia Untuk SMA/SMK Di Jakarta Dan Sekitarnya,” dalam SERINA V, Jakarta, 2022.

Nintendo, “Nintendo Labo,” Nintendo, 2018. [Online]. Available: https://www.nintendo.com/en-gb/Nintendo-Labo/Nintendo-Labo-1328637.html. [Diakses 2024].

Meta, “Meta Quest 2,” Meta, 2020. [Online]. Available: https://www.meta.com/quest/products/quest-2/. [Diakses 2024].