PERANCANGAN APLIKASI MANAJEMEN LOGISTIK PT SATYA ABADI VISIMED BERBASIS WEB

Main Article Content

Eriana Retno Putri
Bagus Mulyawan

Abstract

Pengelolaan logistik alat kesehatan merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, serta pendistribusian alat kesehatan yang ingin dibeli dan persetujuan untuk melakukan pembayaran kepada pihak ketiga. Dalam menjalankan operasional bisnisnya, perusahaan ini masih menggunakan penginputan data secara manual dan pengolahan datanya masih menggunakan spreadsheet sehingga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dan penyimpanan data dalam jumlah besar tidak maksimal. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk menghasilkan suatu aplikasi manajemen logistik yang diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola pengadaan alat kesehatan dengan lebih efektif dan efisien, memudahkan bagian logistik dalam melakukan proses administrasinya sehingga tidak terjadi keterlambatan, memudahkan pencatatan pembelian dan pembayaran barang, serta memudahkan pencarian data-data yang diperlukan. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah pendekatan Waterfall, diagram UML, dan pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Laravel serta database MySQL, dan pengujian Blackbox sebagai pengujian aplikasi. Hasil perancangan ini adalah sebuah aplikasi manajemen logistik berbasis web pada PT Satya Abadi Visimed.

Article Details

Section
Articles

References

A. Wijaya, “SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN ALAT-ALAT KESEHATAN PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR ALKES PALEMBANG,” 2018.

A. Ardiansyah, I. Fitri, and A. Iskandar, “Aplikasi Manajemen Perkantoran dan Absensi Online Berbasis Android,” J. JTIK J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 5, no. 2, p. 126, Apr. 2021, doi: 10.35870/jtik.v5i2.204.

M. Syarif and E. B. Pratama, “ANALISIS METODE PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK BLACKBOX TESTING DAN PEMODELAN DIAGRAM UML PADA APLIKASI VETERINARY SERVICES YANG DIKEMBANGKAN DENGAN MODEL WATERFALL,” vol. 5, no. 2, 2021.

B. Mulyawan and M. D. Lauro, “SISTEM INVENTORI DAN PENJUALAN BERBASIS WEB DAN MOBILE PADA ROTI PANGGANG GADGET STORE”.

F. Loekman and Lina, “Sistem Manajemen Inventori Dengan Pengenalan Barang Secara Otomatis Menggunakan Metode Convolutional Neural Network,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 47–56, Feb. 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.596.

S. Suryadi, “Implementasi Normalisasi Dalam Perancangan Database Relational,” U-NET J. Tek. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 20–26, Aug. 2019, doi: 10.52332/u-net.v3i2.7.

W. Aliman, “Perancangan Perangkat Lunak untuk Menggambar Diagram Berbasis Android,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 6, p. 3091, Jun. 2021, doi: 10.36418/syntax-literate.v6i6.1404.