PENGENALAN NAMA MODEL SEPATU MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK (CNN) DENGAN MODEL MOBILENET

Main Article Content

Renaldi Bong
Chairisni Lubis

Abstract

Aplikasi atau sistem pengenalan merek beserta nama model sepatu ini berguna untuk memberikan informasi tentang nama model sepatu apa yang ingin dicari. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang paham atau kurang mengikuti trend dan perkembangan sepatu. Sehingga dapat memudahkan untuk mengetahui apa nama model sepatu yang dimiliki dan dari informasi tersebut dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Salah satu cabang ilmu atau metode yang dapat digunakan untuk membuat sistem ini adalah Deep Learning. Kemudian pada Deep Learning ini terdapat arsitektur yang disebut Convolutional Neural Network. Nantinya sistem ini akan dilatih menggunakan salah satu model arsitektur yang terdapat pada Convolutional Neural Network ini yaitu MobileNet dan versi MobileNet yang digunakan adalah versi 2 atau MobileNetV2. Dari hasil pelatihan dengan model MobileNetV2 diperoleh akurasi kurang lebih 75,23%. Dan hasil pengujian mendapatkan hasil akurasi sekitar 66,67%.

Article Details

Section
Articles

References

Hibatullah, Alwan., Maliki, Irfan., “Penerapan Metode Convolutional Neural Network pada Pengenalan Pola Citra Sandi Rumput”, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Sultana, Farhana., Sufian, A., Dutta, Paramartha., Mei 2019, “Advancements in Image Classification using Convolutional Neural Network”, University of Gour Banga, India.

Ramadhan, Farid Evan., 2020, “Penerapan Image Classification dengan Pre-Trained model MobileNet dengan Client-Side Machine Learning”, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.