KAJIAN TENTANG REKONTRUKSI OBJEK 3D MENGGUNAKAN STEREO VISION DENGAN METODE HARRIS INTEREST POINT DAN RANSAC

Filbert Oktariko, Lina Lina

Abstract


Rekonstruksi 3D merupakan proses untuk memperoleh kembali informasi objek 3D yang ada di dunia nyata dan menyusunnya kembali ke dalam titik-titik pada komputer sehingga komputer dapat mengolah serta menampilkan informasi yang mirip bahkan sama terhadap objek 3D di dunia nyata.

Proses ini diawali dengan mengambil 2 input dari citra kamera yang berbeda tetapi memiliki spesifikasi sama. Proses selanjutnya adalah proses segmentasi otomatis menggunakan Harris Interest Point, Proses Normalized Cross Correlation, dan Random Sample Consensus. Adapun perbandingannya dengan metode segmentasi semi otomatis dengan model warna RGB dan HSV dengan nilai parameter yang telah ditentukan. Dari hasil pasangan titik yang terpilih nantinya akan diambil 8 pasangan titik untuk direkonstruksi 3D.

Keberhasilan rata-rata hasil rekonstruksi objek 3D yang didapatkan pengujian dengan segmentasi otomatis sebesar 0% dari 40 kali pengujian sedangkan untuk pengujian dengan segmentasi semi-otomatis sebessar 37,5% dari 8 kali pengujian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.