Pembuatan Game 2D Tower Defense “My Monster Tower” Pada Android

Main Article Content

Reinardus Tirto Tryharyanto
Jeanny Pragantha
Darius Andana Haris

Abstract

Game "My Monster Tower" adalah sebuah game bergenre tower defense. Game ini dibuat dengan menggunakan Unity dan ditargetkan untuk platform smartphone Android. Perancangan sprite pada game ini menggunakan Aseprite sebuah aplikasi untun membuat gambar. Pemain dapat memilih 8 stage yang disediakan. Setiap stage memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Game ini memberikan sudut pandang lain yaitu bermain sebagai monster yang berusaha bertahan hidup dari keserakahan manusia. Tujuan dari game “My Monster Tower” adalah menghancurkan tower lawan dengan menggunakan karakter yang ada sambil berusaha untuk melindungi agar tower pemain tidak dihancurkan. Kondisi kemenangan dalam game ini adalah disaat tower dari lawan atau tower dari pemain hancur, pemenang dalam game ini adalah pihak yang berhasil menghancurkan tower. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing, alpha testing oleh dosen pembimbing, dan beta testing dengan melalui survei pada 40 responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa My Monster Tower merupakan game yang cukup menarik oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan karena My Monster Tower memiliki banyak variasi monster yang dapat dimainkan dan dikumpulkan untuk melawan musuh pada setiap stage.

Article Details

Section
Articles

References

Hubbel, Gaines S. What Is A Game. 3rd Edition. Jefferson: Mc Farland & Company Inc., 2020

Binus University, Belajar Tentang Game, https://binus.ac.id/bandung/2018/11/belajar-tentang-game/, diakses pada 9 Februari 2021

Hendaryie, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris, 2018, PEMBUATAN GAME ANDROID TOWER DEFENSE “MYTH OF JAVA”, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Vol.8, No.2., Jakarta: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara.

Ted Stahl, Video Game Genres, http://www.thocp.net/software/games/reference/genres.htm, diakses pada 9 Februari 2021