INOVASI KONTROL MENGGUNAKAN SUARA PADA GAME PLATFORMER “ENDLESS JETRIDE”

Main Article Content

Darius Andana Haris
Jeanny Pragantha
Jason Jason

Abstract

Dalam game ini pemain berperan sebagai astronot yang harus berlari sejauh mungkin dan menghindari monster. Game ini dikembangkan untuk smartphone berbasis Android. Game ini dibuat menggunakan engine game Unity dengan bahasa pemrograman C#. Game ini bersifat endless dengan meningkatnya kesulitan saat pemain berlari lebih jauh. Tujuannya adalah untuk mendapatkan skor setinggi mungkin. Pemain harus menghindari rintangan dengan melompat. Pemain harus menggunakan suaranya untuk mengontrol karakter. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox, alpha testing, dan beta testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa “Endless Jetride” merupakan game yang tidak terlalu sulit dan menyenangkan dengan kontrol yang menarik. Beberapa pemain merasa tertarik untuk bermain, namun ada kekurangan di sisi lain yaitu kurangnya variasi objek tantangan, kendala yang cukup sulit bagi pemain yang belum terbiasa.

Article Details

Section
Articles

References

Kamus Populer, Pengertian Game Menurut Para Ahli, http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/ , 01 Maret 2019.

Michael Klappenbach, What is a platformer game?, https://www.lifewire.com/what-is-a-platform-game-812371, 5 Februari 2020

Novaldo Rustandi, Jeanny Pragantha, Darius Andana Haris, 2019, Pembuatan Endless Running Game “Run’N Escape” Berbasis Android, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Jakarta: Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Tarumanagara.

Wolfgang Kramer, What is a Game?, http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame, 5 Februari 2020.

Merriam-Webster, Definition of Video Game by Merriam-Webster, https://www.merriam-webster.com/dictionary/video%20game, 5 Februari 2020

Bob Bates, Game Design, (Boston: Thomson Course Technology, 2004), hlm. 203-216.

Luke Freiler, Alpha Testing vs Beta Testing, http://www.centercode.com/blog/2011/01/alpha-vs-beta-testing/, 6 Februari 2020

Alan Thorn, Game Development Principles,

(Boston: Cengage Learning, 2014), hlm. 3.

Ernest Adams, Gamasutra - The Designer's Notebook: Sorting Out the Genre Muddle, http://www.gamasutra.com/view/feature/132463/the_designers_notebook_sorting_.php, 21 Febuari 2019.