PEMBUATAN E-COMMERCE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN TIME SERIES MODEL DOUBLE MOVING AVERAGE UNTUK PREDIKSI

Willy Willy, Desi Arisandi, Tri Sutrisno

Abstract


PT. Sugi Jaya Mandiri adalah sebuah perusahaan perseroan terbatas yang bergerak dalam bidang penjualan barang-barang industri seperti kabel, pipa, kabel networking, perangkat lunak, besi konstruksi, suku cadang mesin produksi, dan lain sebagainya. Perusahaan memiliki masalah dalam mengelola data penjualan dan memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Data transaksi yang diolah oleh perusahaan menggunakan sistem manual untuk pembuatan invoice dengan menggunakan Microsoft Excel. Cara ini menyulitkan perusahaan dalam merekapitulasi data transaksi dalam jumlah besar. Selain itu, pelayanan pelanggan yang dilakukan perusahaan terbatas pada penyampaian pertanyaan atau konsultasi mengenai produk melalui email, telepon, maupun whatsapp. Tidak adanya sarana dari perusahaan untuk memasarkan produk secara eifisien Mengingat jumlah pelanggan yang cukup banyak dan tidak adanya pemasaran langsung dari perusahaan, maka potensi penjualan hilang terhitung besar. Melalui aplikasi e-Commerce ini diharapkan dapat mempermudah perusahaan untuk mengolah data transaksi penjualan dengan menggunakan metode Double Moving Average. Data yang digunakan adalah data perusahaan periode 1 tahun, yaitu tahun 2017. Hasil evaluasi menggunakan metode Double Moving Average untuk mendapatkan prediksi penjualan kotor dari transaksi yang terjadi, dari hasil prediksi tersebut di datapati error hanya sebesar 4%.

Keywords


Aplikasi Web; E-Commerce; Prediksi Penjualan; Double Moving Average

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.